Find Us On Social Media :

Perhatikan Bahan hingga Jahitan, Ini Tips Memilih Mukena untuk Ibadah

By ADV PI, Kamis, 1 September 2022 | 17:00 WIB

Siti Khadijah, fesyen muslim premium yang mengutamakan kualitas, kenyamanan, dan syariat Islam

Grid.ID – Bagi setiap perempuan muslim, mukena merupakan perlengkapan ibadah yang wajib dimiliki. Tak hanya lebih praktis saat harus beribadah di tengah kesibukan seperti saat bekerja, memiliki mukena pribadi juga bisa membuat pemiliknya lebih semangat beribadah.

Terlebih, saat ini tersedia beragam pilihan model dan bahan mukena yang disesuaikan dengan perkembangan zaman serta tren busana muslim. Kehadiran beragam pilihan tersebut juga bertujuan untuk memenuhi preferensi yang berbeda dari setiap perempuan muslim dalam memilih mukena. 

Namun, sama seperti memilih busana, aspek kenyamanan mukena harus lebih diutamakan ketimbang model atau desain yang lucu dan cantik karena fungsi utamanya adalah untuk beribadah. Jangan sampai, misalnya, ibadah terganggu karena menggunakan mukena yang terasa panas.

Dengan menggunakan mukena yang nyaman, beribadah pun akan terasa tenang. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih mukena yang nyaman untuk beribadah sehari-hari.

1. Perhatikan bahan mukena

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih mukena adalah bahannya. Pastikan memilih mukena dengan bahan yang ringan, halus, dan tidak terasa panas saat dipakai, tetapi tidak terlalu tipis dan tembus pandang.

Beberapa bahan yang terkenal nyaman untuk mukena, yaitu katun, rayon, dan sutra. Mengenakan mukena dengan bahan yang adem dan lembut tentu akan membuat Anda merasa nyaman ketika salat, baik salat sendiri maupun berjemaah.  

Pastikan juga Anda memilih mukena yang dapat menutup seluruh aurat dari ujung kepala hingga ujung kaki, kecuali telapak tangan dan wajah. Selain itu, pilih ukuran lubang wajah mukena yang pas sehingga rambut tidak rentan keluar dari mukena saat salat.

2. Perhatikan jahitan

Tips selanjutnya saat memilih mukena adalah memperhatikan kondisi jahitan. Jahitan yang kurang kuat dan rapi tidak hanya akan membuat mukena lebih cepat rusak, tetapi juga dapat mengganggu kenyamanan saat beribadah.

Ketika jahitan yang kurang kuat tersebut lepas pada bagian lubang wajah, misalnya, tentu akan mengurangi konsentrasi sehingga ibadah menjadi terasa kurang khusyuk. Oleh karena itu, mukena yang akan dipilih harus dipastikan secara teliti tidak ada jahitan yang tampak semrawut atau lepas.

Tidak ada salahnya mengeluarkan dana yang sedikit besar demi mendapatkan mukena yang berkualitas sehingga lebih awet untuk digunakan dalam jangka panjang.