Find Us On Social Media :

'Tercatat Nasab!' Firdaus Oiwobo Bakal Layangkan Somasi pada Orang-orang yang Meragukan Silsilahnya sebagai Keturunan Sultan

By Annisa Dienfitri, Minggu, 11 September 2022 | 16:46 WIB

Atta Halilintar dan Gus Miftah dilaporkan Firdaus Oiwobo dan Gus Irfan ke Polres Metro Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Firdaus Oiwobo tak segan melayangkan somasi pada orang-orang yang meragukan silsilahnya sebagai keturunan para sultan.

Belakangan ini Firdaus Oiwobo meradang dengan julukan 'Sultan' yang digunakan para figur publik, di antaranya oleh Raffi Ahmad dan Andre Taulany.

Pengacara Asosiasi Dukun Indonesia ini bahkan meminta Raffi Ahmad untuk tak lagi menggunakan isilah 'Sultan Andara'.

Firdaus menegaskan bahwa nama 'sultan' keramat, sehingga tak sembarang orang bisa menggunakan julukan tersebut.

"Nama Sultan itu keramat, berjasa, dan berdarah-darah. Saya imbau Raffi jangan pake nama Sultan Andara," ujarnya saat ditemui di Polres Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2022).

Diakui Firdaus, ia sendiri yang jelas-jelas mewarisi darah Kesultanan Bima tak berani menggunakan nama keramat itu.

"Saya aja sebagai cucu Sultan tidak berani ngaku Sultan. Saya hanya bilang, saya ini cicitnya (Sultan)," tandas Firdaus.

Bukan tanpa alasan tiba-tiba Firdaus berkoar-koar tak terima dengan julukan 'Sultan' yang sudah melekat pada presenter Raffi Ahmad itu.

Menurut Firdaus, salah satu tugasnya sebagai panglima yakni meluruskan nama Sultan agar tidak disalahgunakan.

Firdaus pun mengaku baru diangkat dan disahkan sebagai panglima oleh lembaga yang khusus mencatat para keturunan sultan.

"Saya diangkat sebagai Panglima Salatin karena memang permintaan sebagian keluarga Kesultanan dan sultan-sultan yang sudah tergabung dalam Salatin Asyraf Azzahra, tercatat nasab," ujarnya.