Find Us On Social Media :

Rieke Diah Pitaloka Berharap Riset Penelitian S3 Dirinya Kelak Jadi Dasar Kebijakan Publik

By Cucianingsih, Selasa, 13 September 2022 | 17:09 WIB

Rieke Diah Pitaloka baru saja mendapatkan gelar doktoralnya di Fakultas Ilmu Komunikasi FISIP UI, Sabtu, (10/9/2022).

Grid.ID – Aktris sekaligus politisi Rieke Diah Pitaloka baru saja meraih gelar S3 di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia pada Sabtu (10/9/2022).

Saat ditemui setelah upacara wisuda di Balairung Universitas Indonesia, Rieke Diah Pitaloka menceritakan pengalamannya mengambil riset penelitian untuk gelar doktoralnya tersebut.

Rieke Diah Pitaloka mengaku jika ia sempat mengalami kesulitan karena melakukan riset di tiga desa dari provinsi yang berbeda-beda.

Adapun lokasi riset yang diambil yakni di Desa Sibandang, di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, kemudian Desa Muara Gembong, Jawa Barat dan satu Desa Tegal Alang di Gianyar, Bali.

Kesulitan yang dialami karena waktu riset berbarengan dengan adanya pandemi Covid-19. Rieke pun menceritakan jika dirinya pernah terkena Covid-19 sebanyak dua kali.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 tak menyulutkan usaha Rieke untuk menyelesaikan risetnya tersebut. Maka dari itu Rieke tak segan untuk terjun langsung ke tiga desa tersebut.

Rieke juga mengaku dibantu oleh timnya saat mengunjungi lokasi penelitian.

“Alhamdulillah ini adalah perjalanan yang luar biasa kemudian salah satu pencapaian, dan saya sangat berharap akhir disertasi ini bisa berkontribusi untuk kepentingan banyak orang terutama masyarakat desa dan kelurahan” jelas Rieke.

Rieke pun berharap dapat memiliki kesempatan agar bisa mengimplementasikan hasil riset disertasinya ke dalam kebijakan.

“Karena gak cukup dapat gelar buat apa, kalo misal ada kebijakan Indonesia punya data yang akurat, aktual, satu data Indonesia berbasis data desa kelurahan yang presisi, maka program-program (pemerintah) itu bisa tepat sasaran, uang negara bisa tepat sasaran, dan subsidi program bansos apapun jelas siapa yang dapat dan gak boleh nerima gitu” jelas politisi PDI Perjuangan tersebut. 

Adapun data yang diambil sebagai objek penelitian di tiga desa tersebut yakni data peta desa seperti penggunaan lahan, infrastruktur, data administratif penduduk, data lima bidang ekstra, dan data potensi desa.

Rieke pun menjelaskan jika riset tersebut salah satu bentuk tanggung jawabnya sebagai anggota dewan.