Find Us On Social Media :

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia, Begini Rekam Jejak sang Penyandang Gelar 'Sir' Pertama dari Indonesia, Pernah Jadi Rektor UIN Jakarta!

By Mentari Aprelia, Minggu, 18 September 2022 | 14:25 WIB

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia, Minggu (18/9/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Mentari Aprellia

Grid.ID - Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022).

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung di pesawat dalam perjalanannya dari Jakarta menuju Malaysia.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (18/9/2022), kabar Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia ini awalnya diketahui dari sejumlah alumnus UIN Jakarta.

Pasalnya, pria kelahiran tahun 1955 ini pernah menjadi rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

"Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, semoga Prof Azra husnul khotimah. Aamiin YRA. Confirm saya sudah kontak Ibu Azra, benar," bunyi pesan tersebut.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanudin Muhtadi yang juga berasal dari UIN Jakarta juga mencuitkan kabar duka tersebut dalam akun Twitter miliknya.

"Selamat jalan Prof Azyumardi Azra. Belum hilang rasa sedih kita kehilangan Buya Syafii Maarif, kini ditambah dengan berpulangnya Buya Azra. Semoga husnul khatimah," tulisnya.

Ketua Dewan Pers dan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah itu mengembuskan napas terakhir di RS Selangor, Kuala Lumpur, Malaysia, pukul 12.30 waktu setempat, akibat serangan jantung dan Covid-19.

Dilansir dari TribunTimur.com, Minggu (18/9/2022), Azyumardi Azra lahir pada 4 Maret 1955.

Azyumardi Azra memulai karier pendidikan tinggginya sebagai mahasiswa sarjana di Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada tahun 1982.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia, Sempat Terkena Serangan Jantung Saat Penerbangan ke Kuala Lumpur