Find Us On Social Media :

Empat Kandungan Skincare yang Ampuh Buat Atasi Flek Hitam dalam 14 Hari, Sudah Tahu?

By Yussy Maulia, Rabu, 21 September 2022 | 17:30 WIB

Flek hitam dapat mengganggu penampilan.

Grid.ID – Selain jerawat dan komedo, flek hitam pada wajah menjadi salah satu permasalahan kulit yang mengganggu penampilan. Untuk tampil lebih percaya diri, kamu pun sering kali harus menutupi flek hitam dengan menggunakan bedak atau foundation.

Flek hitam merupakan akibat dari hiperpigmentasi, yaitu kondisi ketika kulit memproduksi terlalu banyak pigmen hitam atau melanin. Akibatnya, warna kulit pada beberapa area menjadi lebih gelap.

Hiperpigmentasi sendiri umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari berlebih, jerawat atau luka yang membekas, perubahan hormon, dan faktor usia.

Meski tidak berbahaya bagi kulit, flek hitam yang terlanjur muncul pada kulit wajah biasanya sulit hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan produk skincare untuk merawat dan memperbaiki penampilan kulit.

Baca Juga: Atasi Kulit Kusam dan Senstitif dengan Facial Wash Amino Low pH  

Ada beberapa kandungan skincare yang dipercaya efektif untuk menyamarkan flek hitam dan membantu meratakan warna kulit. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak. Sebab, vitamin ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Fungsi kolagen sendiri adalah mendorong proses pelepasan sel kulit mati dan produksi sel kulit baru yang lebih sehat, meningkatkan elastisitas kulit, menghambat penuaan dini, dan mencerahkan kulit.

Selain itu, vitamin C juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Baca Juga: Apakah Vitamin C Aman Digunakan pada Kulit Berjerawat? Simak Informasi Lengkapnya!

2. Niacinamide