Find Us On Social Media :

Kasus KDRT Rizky Billar Terhadap Lesti Kejora Jadi Sorotan, KPI Imbau Stasiun TV dan Radio Boikot Pelaku Kekerasan

By Ragillita Desyaningrum, Senin, 3 Oktober 2022 | 17:00 WIB

Rizky Billar dan Lesti Kejora

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID - Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga atau KDRT yang dialami oleh Lesti Kejora tengah jadi sorotan.

Pasalnya, rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar yang baru seumur jagung itu seringkali terlihat harmonis.

Kekerasan yang dilakukan Rizky Billar kepada Lesti pun membuat publik mengecam aktor berusia 27 tahun itu.

Tak hanya netizen, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI juga turut mengecam tindakan kekerasan yang pelakunya merupakan seorang figur publik.

Bahkan, KPI mengimbau stasiun televisi dan radio untuk memboikot pelaku kekerasan dari ruang siaran publik.

"KPI mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran untuk tidak memberikan ruang kepada para pelaku kejahatan tindak kekerasan dalam rumah tangga," kata Nuning Rodiyah, Komisioner KPI Pusat, ketika ditemui awak media di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Menurut Nuning, lembaga penyiaran publik perlu mengambil langkah ini sebagai upaya membuktikan kepada publik bahwa pelaku tindak kekerasan tidak boleh mendapat toleransi.

Apalagi mengingat bahwa stasiun televisi dan radio punya tanggung jawab untuk mengedukasi, memberikan informasi, sekaligus kontrol sosial atas hal yang disiarkan kepada publik.

"Oleh karena itu lembaga penyiaran sebagai lembaga yang memiliki fungsi untuk mengedukasi, memberikan informasi, kontrol sosial, maka harusnya lembaga penyiaran ini memberikan pesan kepada masyarakat bahwa pelaku kekerasan ini tidak boleh ditoleransi," lanjut Nuning.

Nuning juga mengaku khawatir apabila pelaku masih dibebaskan untuk tampil di televisi dan radio, masyarakat akan menganggap bahwa tindakan kekerasan merupakan hal yang lumrah.

Baca Juga: Terungkap! Rizky Billar Justru Tinggalkan Rumah Saat Polisi Lakukan Olah TKP di Kediamannya atas Kasus Dugaan KDRT Terhadap Lesti Kejora