Find Us On Social Media :

Cari Laptop Touchscreen yang Ramah di Kantong? ASUS Vivobook 15 Bisa Jadi Pilihan

By Fathia Yasmine, Kamis, 29 September 2022 | 10:15 WIB

ASUS Vivobook 15

Grid.ID – Selain keandalan prosesor yang mumpuni, teknologi layar sentuh (touchscreen) juga menjadi daya tarik laptop saat ini. Teknologi touchscreen cenderung lebih luwes ketimbang menggunakan mouse atau touchpadd konvensional sehingga mempermudah aktivitas multitasking.

Sayangnya, belum banyak produsen yang membawa laptop berteknologi touchscreen ke Indonesia. Oleh karena itu, ketersediaannya masih sangat terbatas sehingga harganya masih cukup tinggi. Tak hanya itu, ukuran layar yang ditawarkan pun sering kali masih mini.

Menjawab kebutuhan tersebut, ASUS menghadirkan Vivobook 15 (A1502). Dibekali dengan layar jumbo berukuran 15 inci, laptop ini hanya dibanderol dengan harga Rp 8.599.000. Tak heran, produk terbaru ASUS itu diberi tagline "laptop 15 inci touchscreen anti-mahal". 

Namun, keunggulan ASUS Vivobook 15 (A1502) tak hanya pada teknologi touchscreen dan ukuran layarnya, tetapi juga mulai dari karakteristik layar yang ciamik, prosesor yang gahar, serta fitur dan konektivitas yang komplet.

 Baca Juga: Imbas Konten Prank KDRT, Juru Kamera Baim Wong dan Paula Verhoeven Akan Segera Diperiksa

Berbicara tentang karakteristik layar, laptop ini hadir dengan dukungan bezel tipis, serta engsel yang dapat diputar hingga 180 derajat. Ketika layar diputar penuh, pengguna bisa menggunakan stylus sebagai pengganti jari atau mouse.

Untuk menambah kenyamanan ketika menatap layar, ASUS menyematkan fitur Eye Care yang telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland. Dengan fitur ini, layar laptop dapat mengurangi produksi paparan sinar biru (blue light), sekaligus mencegah mata lelah (anti-flickr).

Ditenagai prosesor versi terbaru

Meskipun memastikan harganya terjangkau, ASUS tetap menyematkan jeroan mumpuni pada perangkat ini. Tak tanggung-tanggung, prosesor yang ditanamkan merupakan lini terbaru Intel, yakni prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series.

Tidak hanya itu, prosesor ini juga dibekali dengan berbagai fitur untuk menunjang aktivitas komputasi modern, seperti Intel® Quick Sync untuk video rendering dan editing. Hadir juga chip grafis  Intel® Iris® Xᵉ yang terintegrasi dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series.

Chip grafis  Intel® Iris® Xᵉ dikenal sebagai kartu grafis yang hemat energi, tetapi tetap mampu memberikan performa yang unggul. Khususnya, ketika digunakan untuk bermain game. Selain itu, ada pula perangkat penyimpanan berbasis PCIe solid state drive (SSD) yang membuat laptop lebih gesit saat membuka dan menyimpan data permainan.