Find Us On Social Media :

Tips untuk Orang Tua Dalam Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak

By ADV PI, Jumat, 14 Oktober 2022 | 14:54 WIB

Program EFL Kumon terdapat aktivitas membaca bersuara dan mengerjakan di lembar kerja setiap hari.

Grid.ID - Sebagai salah satu bahasa internasional untuk berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai negara, bahasa Inggris memiliki jumlah penutur terbanyak di dunia. Menurut data Statista pada 2022, jumlah penutur bahasa Inggris secara global mencapai 1,5 miliar.

Tak heran, saat ini kemampuan menguasai bahasa Inggris dengan baik menjadi keharusan. Selain untuk mengikuti pergaulan internasional, kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi bekal untuk mengakses berbagai sumber pengetahuan agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajak anak untuk belajar bahasa Inggris sejak usia dini. Mempelajari bahasa Inggris pun punya banyak manfaat bagi anak, mulai dari meningkatkan kemampuan kognitif, daya ingat, dan konsentrasi, hingga melatih kreativitas dan kemampuan multitasking.

Untuk menumbuhkan motivasi anak, orangtua dapat mulai mengajarkan bahasa Inggris secara otodidak di rumah. Namun, seperti mengajarkan pengetahuan baru lainnya, orangtua perlu menyadari bahwa anak membutuhkan waktu untuk dapat memahami bahasa asing.

Baca Juga: Bersekolah di Pendidikan Internasional, Rafathar Jago Ngomong Inggris Saat Liburan ke Amerika

Dirangkum dari situs web id.kumonglobal.com berikut tips agar proses belajar bahasa Inggris di rumah lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

1. Membuat jadwal belajar

Sebagai langkah awal, orangtua dapat membuatkan jadwal kegiatan belajar rutin. Setelah anak pulang dari sekolah, misalnya, adakan sesi belajar dengan cara mendengar dan menyanyi lagu berbahasa Inggris. Lalu, sebelum tidur pada malam hari, ajak anak untuk membaca buku cerita.

Sebagai permulaan, durasi belajar tiap sesi cukup berlangsung 15 menit. Selanjutnya, durasi belajar dapat ditambah sesuai dengan perkembangan kemampuan anak. Kegiatan belajar secara teratur dan rutin akan membuat anak merasa nyaman serta menjaga motivasinya.

2. Belajar melalui games

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan games. Contoh permainan yang dapat Anda coba adalah Flashcard. Permainan ini dapat membantu anak untuk menambah sekaligus memperbaiki kosakata dalam bahasa Inggris.

Flashcard adalah sekumpulan kartu yang berisi gambar atau teks yang dapat menuntun anak pada obyek tertentu, seperti buah-buahan, sayur, warna, dan bentuk. Flashcard dapat dibeli secara online dengan harga yang cukup terjangkau.