Find Us On Social Media :

Pernyataan Shin Tae-yong yang Siap Mundur dari Pelatih Timnas Indonesia Ramai Diberitakan di Korea Selatan

By Cucianingsih, Minggu, 16 Oktober 2022 | 08:09 WIB

Shin Tae-yong

Grid.ID - Buntut tragedi Kanjuruhan, pelatih Timnas Shin Tae-yong mengabarkan siap mundur dari jabatannya. Kabar ini diumumkan oleh Shin Tae-yong dalam akun Instagramnya pada Rabu malam (12/10/2022).

Tak pelak kabar siap mundurnya Shin Tae-yong, menjadi perbincangan warganet Indonesia di Twitter. Bahkan tagar mengenai Shin Tae-yong menjadi trending.

Dalam tulisan pengumumannya, Shin Tae-yong akan siap mundur jika Ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan juga menyatakan mundur dari jabatan.

Ya, sebelumnya juga desakan mundur untuk Ketua Umum PSSI yakni Mochammad Iriawan oleh banyak pihak. Mochamad Iriawan dituntut untuk mundur karena dinilai lepas tanggung jawab atas tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang membuat Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas merasa harus untuk bertanggung jawab. Shin Tae-yong juga mengatakan bahwa seharusnya Ketua Umum PSSI harus mundur dari jabatan.

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi (tragedi Kanjuruhan) dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri" tulis Shin Tae-yong. 

Menurut Shin Tae-yong kesuksesan sepak bola bisa terjadi jika semua pihak bekerja sama sebagai satu tim yang kompak.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan jikka sepak bola tidak bisa sukses hanya dengan performa 11 pemain inti saja. Melainkan datang juga dari organisasi yang menaungi sepak bola termasuk Ketua Umum.

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai satu tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama" tulis Shin Tae-yong. 

"Kita adalah satu tim. Sepak bola tidak bisa sukses jika hanya performa 11 pemain inti saja yang bagus, bukan juga hanya staf pelatih saja yang bagus, kita bisa mencapai kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim mulai dari pemain inti, pemain cadangan, staf pelatih, official, semua karyawan federasi termasuk Ketua Umum," tulis Shin Tae-yong, dikutip Grid.ID pada Kamis (13/10/2022).

Pernyataan siap mundur Shin Tae-yong tersebut lantas juga menjadi perhatian media di luar negeri, khususnya di Korea Selatan.

Tonton video selengkapnya di chanel Youtube Grid.ID!