Find Us On Social Media :

Mau Lebih Dekat dengan Budaya Bali? Lakukan 3 Aktivitas Ini!  

By Nana Triana, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 11:05 WIB

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, Bali juga memiliki adat istiadat dan budaya yang mendunia.

Grid.ID – Setelah sukses sebagai tuan rumah acara World Tourism Day (WTD), Bali kembali didapuk menjadi tempat penyelenggaraan acara bergengsi tingkat dunia, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi 20 Negara Besar di Dunia (KTT G20) pada November 2022 mendatang.

Dipercayanya Bali untuk menjadi tuan rumah acara-acara bergengsi dunia, menunjukkan bahwa pulau tersebut selalu menjadi destinasi pariwisata favorit, baik di kalangan turis dalam negeri maupun luar negeri.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, Bali juga memiliki  adat istiadat dan budaya yang masih melekat kuat di diri masyarakatnya. Acara-acara adat, upacara-upacara keagamaan, rumah dan pakaian adat, hingga beragam tarian tradisional, sangat jamak ditemui di sana.

Kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Bali pun menarik minat para wisatawan untuk mempelajarinya. Beberapa jenis ekspresi budaya tersebut di antaranya tari-tarian, perhiasan dan aksesori tradisional, serta makanan tradisional Bali yang menggugah selera.

Ketertarikan para wisatawan terhadap budaya-budaya yang ada di Bali perlu dijaga karena bisa menjadi lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Baca Juga: Itinerary Seharian di Semarang, Hunting Foto Keren sampai Kulineran di 4 Destinasi Ini!  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau masyarakat Bali untuk tetap melestarikan budaya. Sebab, nilai keunikan budaya bisa menjadi promosi pariwisata Indonesia baik skala nasional maupun internasional.

“Kami mengajak semua pihak agar dapat berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya dan mempromosikan pariwisata sebagai upaya pemulihan ekonomi sehingga Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Sandiaga.

Saat berwisata ke Bali ada beberapa aktivitas yang bisa membuat kamu lebih kenal dan dekat dengan budaya di sana. Grid.ID akan memberikan rekomendasinya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang budaya Bali, kamu juga dapat menyaksikan program NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan bersama bintang tamu spesial secara live di akun Instagram @pesona.indonesia.

Ada berbagai macam informasi seputar wisata #DiIndonesiaAja dan kuis berhadiah menarik. Kuis tersebut dapat kamu ikuti dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, lalu jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention tiga temanmu untuk ikutan. 

Baca Juga: Nonton Langsung Penampilan 3 Diva dan Erwin Gutawa di Synchronize Festival 2022, Sandiaga Uno Akui Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif