Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Kenapa Kita Tidak Boleh Melihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang?

By Mia Della Vita, Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:37 WIB

Berikut adalah kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tentang gerhana matahari.

Grid.ID- Berikut adalah kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tentang gerhana matahari.

Bagi siswa yang ingin lebih mendalam mengenai gerhana matahari, ada baiknya menyimak kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI berikut ini.

Tapi sebelum mempelajari materi kelas 6 SD/MI, simak terlebih dulu pemaparan di bawah ini.

Mengutip Kompas.com, gerhana matahari adalah fenomena langit yang terjadi ketika Bumi, Bulan, dan Matahari sejajar pada bidang yang sama.

Dengan kata lain, gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan segaris dengan Bumi dan Matahari sehingga sinar Matahari tidak bisa sampai ke Bumi secara total maupun sebagian karena terhalang Bulan.

Bayangan bulan akan jatuh pada posisi di Bumi sesuai lintasannya dan menyebabkan kegelapan untuk sementara waktu.

Proses terjadinya gerhana Matahari berlangsung bertahap. Pada fase total gerhana Matahari, ada beberapa hal menarik yang terjadi.

Selain menyebabkan Bumi tampak gelap, atmosfer juga akan mendingin, suhu akan turun, kelembapan naik, dan kecepatan angin berubah.

Bahkan, suasana terasa sunyi karena hewan-hewan, seperti burung, ayam, dan ternak bersiap untuk tidur, dan hewan malam berperilaku lebih waspada.

Menurut Yatny Yulianty, staf Divisi Pendidikan dan Penjangkauan Publik Observatorium Bosscha ITB, penurunan suhu saat fase total bisa berkisar 6-15 derajat Celcius.

Jenis-jenis Gerhana Matahari

Ada empat jenis gerhana matahari, di antaranya: