Find Us On Social Media :

Ini 4 Destinasi yang Asyik untuk Dieksplorasi Selama Seharian di Kota Solo

By Nana Triana, Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:03 WIB

Kota Solo memiliki pesona pariwisata yang beragam, mulai dari bangunan bersejarah, keraton, batik tradisional, hingga kuliner.

 

Grid.ID – Apakah kamu sedang bingung mencari destinasi karena hanya punya waktu singkat untuk liburan? Jangan khawatir, kamu bisa menjadikan Kota Solo sebagai pilihan destinasi menarik untuk menghabiskan liburan singkat.

Kota yang mengusung slogan The Spirit of Java ini cukup menarik untuk dieksplorasi lebih jauh. Kota dengan nama resmi Surakarta ini memiliki pesona pariwisata yang beragam, mulai dari bangunan bersejarah, keraton, batik tradisional, hingga kuliner lokal yang menggugah selera.

Penasaran tempat-tempat mana saja yang bisa dikunjungi dalam kurun waktu sehari? Sembari menyusun rencana libur, tidak ada salahnya kamu juga ikut menyaksikan siaran langsung Ngobrol Bareng Mas Menteri atau NGANTRI setiap akhir pekan bersama bintang tamu spesial di akun Instagram @pesona.indonesia.

Ada berbagai macam informasi seputar wisata #DiIndonesiaAja dan kuis berhadiah menarik. Kuis tersebut dapat diikuti dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention tiga teman untuk ikutan.

Nah, terkait wisata di Solo, ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari.

1. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe memiliki akses yang mudah untuk para wisatawan. Pasalnya, tempat ini terletak di lokasi yang strategis dan dekat dengan Bandara Internasional Adi Soemarmo, tepatnya di Jalan Adi Sucipto Nomor 1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Pada awalnya, De Tjolomadoe bernama Pabrik Gula Colomadu. Pabrik yang didirikan sejak 1861 ini merupakan peninggalan dari Mangkunegara IV. Kemudian pada 1928, pabrik ini mengalami perluasan area lahan tebu dan perombakan arsitektur.

Baca Juga: Ini 4 Tempat Berburu Batik yang Bisa Membuat Kamu Semakin Cinta Yogyakarta  

Setelah lama ditinggalkan, akhirnya pabrik gula ini di-rebranding pada 2017 menjadi objek wisata baru, cagar budaya, landmark bersejarah, dan pusat konvensi. Pabrik Gula Colomadu pun mengubah namanya menjadi De Tjolomadoe. Kini cagar budaya ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata asyik yang bisa dikunjungi saat kamu berada di Solo.

Di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berkunjung ke Museum De Tjolomadoe untuk menjelajahi perjalanan historis era keemasan pabrik gula tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyewa berbagai jenis skuter yang bisa digunakan untuk berkeliling kompleks De Tjolomadoe.