Find Us On Social Media :

Berencana Liburan ke Danau Toba? Ini 3 Rekomendasi Tempat Berburu Kain Khas Danau Toba

By Nana Triana, Jumat, 28 Oktober 2022 | 19:09 WIB

Liburan ke Danau Toba? Jangan Lupa Mampir ke 3 Tempat Berburu Kain Khas Danau Toba.

Grid.ID - Selain terkenal dengan potensi alam yang memesona, Danau Toba juga sangat kaya akan budaya. Terdiri dari delapan kabupaten dan dihuni oleh empat puak (kelompok) adat yang berbeda yaitu Toba, Simalungun, Karo, dan Pak-Pak, kawasan danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki beragam corak kebudayaan.

Bentuk kebudayaan tersebut mulai dari bahasa, adat istiadat, hingga produk ekonomi kreatif seperti kain ulos dan kain uis. Sebagai informasi, kain ulos dan kain uis merupakan selendang tenun Batak yang biasa dipakai dalam upacara adat, seperti pernikahan, memasuki rumah, serta kematian.

Wastra atau kain tenun Batak menjadi oleh-oleh yang diburu para wisatawan saat berkunjung ke Danau Toba, bahkan sudah mendunia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pengembangan destinasi wisata yang didukung potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal khususnya wastra Batak, ulos, sangat diperlukan dalam upaya pemulihan ekonomi dan pendapatan devisa.

"Saya berharap agar kita semua lebih proaktif dalam berkreasi, berinovasi, melestarikan, dan memanfaatkan warisan leluhur, terutama ulos, untuk peningkatan ekonomi," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis pada Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Ini 4 Destinasi yang Asyik untuk Dieksplorasi Selama Seharian di Kota Solo

Oleh karena itu, para perajin ulos di kawasan Danau Toba terus berinovasi untuk melestarikan produk fesyen lokal ini. Apalagi, ulos telah diajukan sebagai warisan budaya dunia oleh The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO). 

Buat kamu yang penasaran ingin berburu dan melihat langsung proses pembuatan kain ulos dan uis, tidak ada salahnya untuk berkunjung langsung ke Danau Toba di Sumatera Utara. Selain melihat proses pembuatan kain ulos, kamu juga bisa menikmati indahnya Danau Toba.

Sambil merencanakan liburan ke Danau Toba, kamu juga bisa menyaksikan siaran langsung Ngobrol Bareng Mas Menteri atau NGANTRI setiap akhir pekan di akun Instagram @pesona.indonesia untuk mengetahui beragam destinasi wisata di Tanah Air.

Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, lalu jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention tiga temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. 

Baca Juga: Ini 4 Tempat Berburu Batik yang Bisa Membuat Kamu Semakin Cinta Yogyakarta  

Berikut tiga tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berburu kain ulos dan uis sebagai produk fesyen khas masyarakat Batak di kawasan Danau Toba