Find Us On Social Media :

Mau Usaha di Bidang Kuliner? Begini Tips Sukses dari Tiga Pemuda Pendiri Restoran Ayam Crisbar

By Yussy Maulia, Senin, 31 Oktober 2022 | 17:01 WIB

Ayam Crisbar didirikan oleh tiga pemuda inspiratif.

Grid.ID – Kemampuan inovasi menjadi “senjata” wajib yang harus dimiliki para pengusaha kuliner untuk menjaga eksistensi usahanya. Inspirasi untuk berani berinovasi dapat dipetik dari kisah tiga pemuda pendiri salah satu restoran kekinian di Bandung, Ayam Crisbar.

Tiga pemuda tersebut adalah Teddy Hamonangan, Hafizh Ihsanuddin, dan Filbert. Berawal dari merintis usaha kuliner olahan ayam menggunakan gerobak pada 2017, tiga pemuda lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut kini telah memiliki 17 gerai Ayam Crisbar di Jawa Barat.

Teddy, Hafizh, dan Filbert mendirikan bisnis Ayam Crisbar saat masih berada di bangku kuliah. Usaha yang dimulai dengan modal sebesar Rp 10 juta tersebut sukses menarik banyak konsumen, baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Salah satu menu yang membuat popularitas Ayam Crisbar melejit adalah ayam bakar crispy yang ikonis. Ayam bakar tersebut punya ciri khas saus lezat yang diracik dengan bumbu rahasia. Selain itu, harga yang dipatok untuk satu porsi menu juga relatif ramah untuk kantong.

Baca Juga: Biar Lebih Kompak di Kantor, Ini Sederet Kegiatan yang Bisa Dilakukan Sama Rekan Kerja

Meski demikian, terjun ke dunia usaha di bidang kuliner juga tidak lepas dari tantangan. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Teddy Hamonangan.

“Masa pandemi adalah tantangan terberat bagi kami karena adanya larangan dine-in dan kebijakan kuliah daring. Situasi itu membuat penjualan Ayam Crisbar sangat menurun,” cerita Teddy.

Namun, tak ingin pasrah dengan keadaan, Teddy bersama Hafizh dan Filbert memutuskan untuk memasarkan produk Ayam Crisbar secara online. Salah satu platform penjualan yang mereka gunakan adalah ShopeeFood.

“Layanan ShopeeFood inilah yang sangat membantu kami. Penjualan online kami pun semakin meningkat hingga kami berani membuka satu cabang khusus yang hanya melayani pemesanan online. Selain itu, kami juga berhasil ekspansi sampai keluar area Bandung, seperti Sumedang, Bekasi, dan Depok,” ujar Teddy.

Tiga pemuda inspiratif itu pun membagikan tiga strategi untuk mempertahankan usaha di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan ketidakpastian situasi ekonomi.

Baca Juga: Sinopsis Drakor Itaewon Class, Kisah Balas Dendam Park Seo Joon dengan Cara Merintis Bisnis Kuliner, Berikut Jadwal Tayang dan Link Nonton Dramanya