Find Us On Social Media :

Misi One Ocean Expedition, Kapal Statsraad Lehmkuhl Keliling Dunia Selama 20 Bulan

By Corry Wenas Samosir, Selasa, 8 November 2022 | 07:21 WIB

Kapal Statsraad Lehmkuhl tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu (6/11/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Corry Wenas Samosir

Grid.ID - Kapal Statsraad Lehmkuhl tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (6/11/2022).

Kapal latih atau trainning vessel Statsraad Lehmkuhl sedang dalam One Ocean Expedition atau Ekspedisi Satu Laut, yakni sebuah perjalanan keliling dunia.

Sebagaimana diketahui, Statsraad Lehmkuhl adalah salah satu rig persegi terbesar dan tertua di dunia yang masih berlayar.

Kapal Statsraad Lehmkuhl yang berusia lebih dari 100 tahun ini berangkat dari kota Bergen, Norwegia.

Kapten Statsraad Lehmkuhl, Seidl mengatakan tujuan utama One Ocean Expedition adalah berbagi pengetahuan untuk masa depan laut yang berkelanjutan.

Misi tersebut untuk menciptakan pengetahuan dan kesadaran tentang peran penting laut dalam perspektif pembangunan berkelanjutan.

"Tujuan utama One Ocean Expedition adalah untuk menciptakan perhatian dan berbagi pengetahuan tentang peran penting laut untuk masa depan yang berkelanjutan dalam perspektif global," ujar Kapten Seidl dalam press conference di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (7/11/2022).

"Ekspedisi ini merupakan bagian yang diakui dari Dekade PBB dan kapal akan berfungsi sebagai alat yang ampuh untuk penjangkauan, inspirasi, dan keterlibatan untuk laut," lanjutnya

Sementara itu, Duta Besar untuk Indonesia, H.E. Rut Kruger Giverin mengatakan dengan berlabuh Kapal Statsraad Lehmkuhl di Indonesia bisa memperkuat kerja sama dengan negara Norwegia.

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk menunjukkan dan merayakan komitmen bersama Norwegia dan Indonesia terhadap kita," ujar Duta Besar Norwegia untuk Indonesia H.E. Rut Kruger Giverin.

Baca Juga: Berusia 100 Tahun, Kapal Statsraad Lehmkuhl Berlabuh di Indonesia: Ada Misi untuk Memberi Pengetahuan