Find Us On Social Media :

Tipu 116 Mahasiswa IPB Hanya Pakai Modal Minuman, SAN Habiskan Uang Hasil Kejahatan Buat Beli Mobil dan Bayar Utang

By Mia Della Vita,None, Sabtu, 19 November 2022 | 12:17 WIB

Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit.

Grid.ID - Siti Anisa Nasution (SAN), pelaku kasus penipuan berkedok investasi fiktif dan pinjaman online yang merugikan 116 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) telah ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut catatan kepolisian Polres Bogor, korban SAN tidak hanya 116 mahasiswa IPB, tapi ada ratusan korban lainnya.

Apabila dijumlahkan, total korban SAN lebih dari 300 orang di Bogor.

Akibat perbuatannya itu, SAN diperkirakan telah menyebabkan kerugian Rp 2,3 miliar dari berbagai aplikasi pinjaman online yang ditawarkan pelaku kepada korban.

"Jumlah kerugian ini berdasarkan hitungan dari pihak pinjaman online dan dari pengakuan pelaku sendiri," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Uang hasil kejahatan tersebut, kata Kapolres, digunakan pelaku untuk keperluan pribadinya.

Bahkan tersangka SAN juga membeli kendaraan bermotor berupa mobil pribadi menggunakan uang hasil kejahatanannya tersebut.

Kemudian yang lainnya, uang hasil kejahatan ini digunakan untuk membayar utang dan yang lainnya.

"Untuk uang hasil kejahatan digunakan pelaku untuk kebutuhan pribadi, sebagian lagi digunakan untuk beli kendaraan bermotor dan sebagian lagi untuk tutupi utang dari korban. Jadi gali lobang tutup lubang," kata AKBP Iman Imanuddin.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohannes Redhoi Sigiro menambahkan, uang hasil kejahatan yang didapat pelaku juga dijadikan sebagai modal ketika merekrut calon korban lainnya.

"Setiap makan dengan calon korban dia beliin minum dia yang bayarin, ketemu di cafe dan lain-lain," kata AKP Yohannes Redhoi Sigiro.

Baca Juga: Penipu 116 Mahasiswa IPB Berkedok Investasi Bodong Menangis Saat Diringkus Polisi, Begini Modus Tersangka Menjerat Ratusan Korban