Find Us On Social Media :

MUI Berharap Widy Vierratale Segera Dapat Hidayah Buntut Aksi Buka Baju

By Cucianingsih, Kamis, 24 November 2022 | 16:57 WIB

Widy Vierratale

Grid.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberi tanggapan terkait aksi Widy Vierratale buka baju di atas panggung.

MUI menilai sikap tersebut tidak bermoral, sebab tindakan yang dilakukan Widy bukanlah bagian dari budaya Indonesia.

MUI menyatakan jika Indonesia begitu menjunjung tinggi adat istiadat ketimuran. Hal ini disampaikan oleh Arifin Fahrudin, selaku Wakil Sekretariat MUI ketika dijumpai di kantor yang bertempat di Jakarta Pusat pada Selasa (21/11/2022).

"Masalah moral, Indonesia ini kan negara yang menjunjung tinggi dalam agama menjunjung tinggi adat istiadat ketimuran," ujar Arifin Fahrudin selaku Wakil Sekretaris Jenderal MUI saat Grid.ID jumpai di kantornya, Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2022).

Sementara itu, MUI pun berharap vokalis Vierratale itu tidak melakukan aksi tersebut lagi. MUI mengkhawatirkan jika sikap Widi bisa dicontoh generasi muda lainnya.

Arifin Fahrudin menuturkan jika sepatutnya sebagai public figure harus mencontohkan sikap yang baik. Tak hanya untuk Widy sajam Arifin Fahrudin juga menghimbau pada public figure lainnya.

"Saya berharap lah kepada siapa pun, mau artis atau publik figur harus mengidahkan hal itu. Dia harus melihat menghargai adat istiadat, arakhul karimah kalo nggak merusak generasi muda kita," ucapnya.

Oleh karena itu, Arifin mengatakan pihaknya siap membimbing masyarakat yang memiliki keinginan untuk menjadi sosok lebih baik.

"Salah satu tugas MUI adalah membimbing negara, bangsa, dan masyarakat pun dia hendaknya pihak-pihak tersebut sering-sering lah minta bimbingan kepada ulama. Agar di forum eksternalnya itu bener-bener sesuai dengan kaidah hukum atau adat istiadat. Harapan ini dua hal itu," tuturnya.

Widy Vierratale dilaporkan ke polisi oleh Forum Pemuda Sulawesi pada Rabu (16/11/2022) karena membuka baju di atas panggung. Saat itu, Widy hanya menyisakan bra dan celana sport berwarna hitam.

Baca Juga: Tak Ada Itikad Baik Minta Maaf pada Masyarakat Palu, Widi Vierratale Terancam Masuk Penjara?

Aksinya pun disorot dan menjadi perhatian masyarakat. Karena aksi melepas baju di atas panggung itu, Forum Pemuda Sulawesi melaporkan Widi Vierratale ke polisi terkait UU Pornografi.