Find Us On Social Media :

Banyak Orang Cuma Rekam hingga Foto Selfie Sambil Ketawa Cekikikan, Relawan Gempa Cianjur Mangkel: Ini Bukan Wisata Bencana

By Mia Della Vita,None, Sabtu, 26 November 2022 | 10:29 WIB

Ilustrasi gempa Cianjur yang membuat banyak korban.

Grid.ID- Relawan gempa Cianjur jengkel dengan sikap sejumlah orang yang merekam video, memotret, dan bahkan berswafoto (selfie) di lokasi terdampak gempa.

Pasalnya, tindakan mereka hanya menghambat penanganan bencana di lokasi terdampak gempa Cianjur.

Hal itu dikatakan oleh Leka, Koordinator Posko Bencana di Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

"Sejak hari pertama banyak orang-orang yang melintas berhenti buat memvideokan kondisi di sini bahkan berswafoto sambil ketawa-ketawa dari dalam mobil."

"Malah ada yang turun mau melihat jenazah yang belum dikuburkan hanya untuk foto-foto," ujar Leka, dikutip dari Tribunjabar.

Selain tak etis, ujar Leka, ulah mereka juga sangat mengganggu upaya evakuasi dan distribusi bantuan.

"Jadi terhambat, bantuan tidak masuk ke desa terdampak. Di sini banyak yang belum mendapat bantuan pada hari pertama dan kedua pascabencana gempa."

"Baru di hari keempat, pendistribusian bantuan terpenuhi," kata Leka.

Tampak tulisan berbunyi “INI BUKAN WISATA BENCANA” pada sebuah kardus yang dipasang pada tiang bambu di pinggir jalan Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat.

Eka, salah satu relawan yang membantu korban gempa Cianjur, mengaku pihaknya yang memasang tulisan tersebut karena melihat banyak orang datang hanya untuk melihat-lihat.

“Sebenarnya tim kita yang pasang tulisan ini karena kita nggak tahu ya orang yang betul-betul berdonasi atau sekadar mencari nambah follower atau apa, kita nggak paham tujuan mereka,” kata Eka, Kamis (24/11/2022), seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Nelangsanya Nasib Nathalie Holscher, Niat Hati Beri Bantuan Buat Pengungsi Gempa Cianjur, Netizen Malah Nyinyiri Gegara Permen