Find Us On Social Media :

Bocoran Konsep Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Bertabur Ornamen Kerajaan Mataram Islam, Ini Maknanya

By Mia Della Vita,None, Rabu, 30 November 2022 | 17:29 WIB

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Grid.ID- Pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono semakin dekat.

Diketahui Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan pernikahan pada 10 Desember mendatang.

Sehari setelahnya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono lanjut menggelar acara ngunduh mantu.

Untuk acara ngunduh mantu, Asmoro Dekorasi dipercaya untuk mempercantik lokasi acara.

Art Director Asmoro Dekorasi, Pandji Vasco Dagama, membocorkan konsep dekorasi pada upacara adat ngunduh mantu Kaesang dan Erina yang akan digelar di Loji Gandrung.

Pandji mengatakan, dekorasi yang dipilih adalah tema Mataram Islam karena mempelai adalah orang asal Solo dan Yogyakarta.

Pihaknya akan membuat beberapa ornamen yang khas dengan Mataram Islam Yogyakarta dan Solo. Salah satu ornamen penting yang akan digunakan adalah mrajak sewu.

“Kami bikin satu visual di antaranya mrajak sewu. Ini kita ambil dari konsep berdirinya Kerajaan Mataram Islam,” kata Pandji, Selasa (29/11/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Mrajak sewu adalah ornamen yang berbentuk punden, dibuat dari daun jati, kepala cengkir gading, bambu, dan cabai yang masing-masingnya memiliki makna mendalam.

"Daun jati yang kami imajinasikan sebagai daun jati dari alas Donoloyo. Di mana di situ berdirinya Keraton Jogja dan Keraton Solo."

"Kalau untuk cengkir gading itu adalah sebuah filosofi kencenge pikir bahwa ini kegiatan yang memang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sudah dipertimbangkan,” jelas Pandji.

Baca Juga: Iriana Jokowi Sudah Test Food, Ini Menu Makanan yang Akan Dihidangkan di Acara Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina