Find Us On Social Media :

BLACKPINK dan Raisa Gelar Konser di GBK, FIFA Beri Larangan Keras ke Pemerintah Indonesia: Lapangan Bisa Stres

By Mia Della Vita, Kamis, 1 Desember 2022 | 09:37 WIB

BLACKPINK.

Grid.ID - Harapan BLACKPINK dan Raisa untuk menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) semakin menipis.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sudah belum lama ini buka suara soal larangan penggunaan Stadion Utama GBK di luar kepentingan sepak bola.

Pernyataan FIFA ini merupakan balasan dari surat yang dikirimkan oleh Persatuan urat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

PSSI sebelumnya mengirimkan surat FIFA terkait penggunaan 6 stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

Enam stadion itu adalah SUGBK, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

FIFA pun menegaskan bahwa 6 stadion tersebut tidak diperkenankan digunakan untuk kepentingan di luar sepak bola sebelum Piala Dunia U-20 2023 digelar.

"Setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan FIFA, kami menginformasikan, bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang sudah dijadwalkan,” demikian balasan dari FIFA, dikutip dari laman pssi.org.

Men’s Tournament Manager FIFA, Christian Schmolzer, menjelaskan bahwa aktivitas konser itu akan membuat lapangan stres dan menghalangi pihak FIFA untuk menerapkan program manajemen lapangan.

"Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu ini akan membuat lapangan menjadi 'stres' yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," jelas Schmolzer.

Bukan hanya itu, penggunaan stadion di luar kepentingan sepak bola juga dinilai kontradiktif dengan anggaran belanja yang telah disetujui pemerintah untuk menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi.

"Akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen," ungkapnya.

Baca Juga: Dikira Lisa Blackpink hingga Hyein NewJeans, Penampilan Baru Lyodra Bikin Pangling dan Banjir Pujian

Adapun dua konser yang dimaksud dalam pernyataan Christian Schmolzer diduga adalah konser BLACKPINK dan Raisa.