Find Us On Social Media :

Torehkan Sejarah, Wasit Wanita Ini Akan Pimpin Laga Piala Dunia 2022, Berikut Sepak Terjangnya yang Gak Main-main

By Mia Della Vita,None, Kamis, 1 Desember 2022 | 16:19 WIB

Stephanie Frappart berpose dengan medalinya setelah menjadi wasit Piala Super UEFA 2019.

Grid.ID- Pertandingan Piala Dunia 2022 antara Jerman dan Kosta Rika pada Kamis (1/12/2022) akan diwarnai pemandangan berbeda dari biasanya.

Yang menjadi pembeda adalah sosok wasit yang memimpin pertandingan sepak bola di Piala Dunia 2022 itu.

Jika biasanya laki-laki, wasit untuk laga Grup E itu adalah seorang perempuan bernama Stephanie Frappart.

Stephanie Frappart akan menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Piala Dunia pria dalam sepanjang sejarah Piala Dunia yang telah berjalan 92 tahun.

Stephanie Frappart akan menjadi wasit pertandingan penting Piala Dunia antara Jerman dan Kosta Rika di Stadion Al Bayt, Kamis (1/12/2022).

Duel itu akan menjadi duel hidup mati bagi kedua tim yang sama-sama berusaha mendapatkan tiket babak 16 besar dari lagi terakhir ini.

Dia adalah satu dari tiga wasit wanita Piala Dunia 2022, bersama dengan Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Frappart sudah tidak asing. Dia telah memulai penampilannya menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan kualifikasi Piala Dunia pria pada Maret 2021 antara Belanda dan Latvia.

Wasit Prancis ini juga pernah menjadi wasit pertandingan pria di level klub sebelumnya, termasuk Piala Super UEFA 2019 antara Chelsea dan Liverpool.

Setahun kemudian dia menjadi wasit wanita pertama dari pertandingan grup Liga Champions, memimpin pertandingan Juventus melawan Dynamo Kyiv.

"Piala Dunia pria adalah kompetisi terpenting di dunia, tidak hanya sepak bola," katanya kepada The Athletic pada Mei ketika dia terpilih untuk turnamen tersebut. 

Baca Juga: Kini Jadi Juara Grup C, Argentina Sukses Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Arab Saudi Gigit Jari!