Find Us On Social Media :

Berencana Mengadakan Pesta Pernikahan? Berikut 5  Pengeluaran yang Perlu Disiapkan

By Fathia Yasmine, Kamis, 1 Desember 2022 | 16:22 WIB

Program pendanaan Adira

Grid.ID–  Pernikahan adalah momen sakral yang dinantikan oleh setiap pasangan. Sebagai momen sekali seumur hidup, diperlukan berbagai persiapan yang matang, khususnya dalam hal biaya.

Mengingat biaya yang dikeluarkan bergantung pada besar kecilnya konsep acara yang diusung, merinci pengeluaran dari awal dapat membantu agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi bujet yang dimiliki. 

Sebagai gambaran, berikut lima pengeluaran yang akan dikeluarkan oleh calon pengantin.

1.Biaya mahar

 Mahar menjadi aspek penting dalam sebuah pernikahan. Lazimnya, mahar bisa berupa seperangkat alat salat atau ibadah, sejumlah uang tunai, hingga perhiasan atau logam mulia.

2.Biaya gedung atau venue pernikahan

Biaya gedung atau venue pernikahan merupakan biaya yang bisa disesuaikan dengan bujet yang ada. Apabila  bujet   yang dimiliki terbatas, calon pengantin bisa menyewa tenda di halaman rumah. Namun, apabila bujet yang dimiliki cukup besar, pernikahan bisa dilaksanakan dengan menyewa gedung.

Baca Juga: Duka Gagal Nikah 2 Kali Terbayar Lunas, Kiky Saputri Girang Persiapan Pernikahan dengan Muhammad Khairi Sudah 80 Persen: Udah Siap Banget

3.Biaya rias dan baju pengantin

Bujet rias pengantin dan baju pernikahan tidak perlu mewah. Agar tidak keluar uang banyak, usahakan untuk mencari referensi jasa makeup yang cocok dan sesuai kantong.

4.Biaya undangan

Undangan kini sudah bisa disebar via online atau daring. Alih-alih mencetak undangan, calon pengantin bisa menghemat dana pengeluaran dengan menggunakan jasa undangan online.