Find Us On Social Media :

Naik Kereta Kencana, Jokowi dan Iriana Bagi-bagi Souvenir Gratis ke Warga Solo, Ternyata Ini Isinya

By Fidiah Nuzul Aini,Annisa Marifah, Minggu, 11 Desember 2022 | 11:36 WIB

Jokowi menyapa warga dari atas kereta kencana, Minggu (11/12/2022)

Grid.ID - Keluarga Presiden Joko Widodo menggelar rangkaian acara ngunduh mantu dalam rangka pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono.

Acara ngunduh mantu yang digelar di Loji Gandrung, Kota Surakarta, Minggu, (11/12/2022) tersebut sekaligus sebagai ajang untuk memelihara kebudayaan.

Kedatangan Jokowi dan keluarga besar di Loji Gandrung untuk mengikuti proses ngunduh mantu dan kirab menuju Pura Mangkunegaran.

Sebelum kirab, Kaesang dan Erina terlebih dahulu melakukan serangkaian prosesi adat Jawa bersama keluarga.

Tepat pukul 07.30 WIB, tata cara pasrah panampi boyong temanten mengawali rangkaian acara.

Selepas prosesi adat, kedua pengantin beserta keluarga dari kedua pihak kemudian bersiap untuk melakukan kirab pengantin.

Dalam kirab tersebut, pengantin dan keluarga akan diarak dengan menggunakan 10 kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Kota Solo, Tempat Makan Legendaris Ini Tak Boleh Lupa Dikunjungi, Salah Satunya Langganan Presiden Jokowi

Di barisan paling depan kirab berderet prajurit Keraton Kasunanan Surakarta sebanyak 81 orang.

Selain itu, ada juga korps musik dan enam bregodo atau pasukan prajurit keraton yakni Tamtomo, Prawiro Anom, Jayeng Astro, Sorogeni, Joyosuro, dan Doropati.

Pantauan tim Grid.ID Minggu (11/12/2022), warga Solo yang antusias tampak berkerumun di sepanjang jalan Slamet Riyadi menantikan kereta kencana Kaesang dan Erina.

Masyarakat riuh menyambut kirab tersebut.