Find Us On Social Media :

Upaya Peningkatan Keterwakilan Perempuan pada Pemilu 2024, Partai Politik Ambil Andil Penting!

By Ulfa Lutfia Hidayati, Selasa, 13 Desember 2022 | 17:10 WIB

Narasumber yang hadir dalam diskusi Langkah Strategis Peningkatan Keterwakilan Perempuan Pada Pemilu 2024 di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (13/12/2022)

Grid.ID - KompasTalks menggelar diskusi dengan tema Langkah Strategis Peningkatan Keterwakilan Perempuan Pada Pemilu 2024, pada Selasa (13/12/2022).

Dalam acara hasil kerja sama Harian Kompas dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini digelar untuk mencari solusi dalam mendorong keterlibatan perempuan di legislatif 2024.

Diskusi ini menghadirkan narasumber yang berasal dari perwakilan pengurus atau badan pemenangan pemilu partai politik peserta Pemilu 2024.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga juga bergabung secara daring.

Saat membawakan pidato pembukaan, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengungkapkan bila peran perempuan dalam dunia politik masih tertinggal.

Padahal perempuan mengisi separuh dari populasi Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa partisipasi perempuan di bidang politik begitu penting.

Sebab, keterlibatan perempuan mampu merepresentasikan pengalaman perempuan yang dituangkan dalam kebijakan yang lebih responsif gender.

Untuk mengatasi hal itu, selama 3 periode pemilu telah diterapkan kebijakan afirmatif keterwakilan perempuan dalam parlemen minimal 30 persen.

Baca Juga: Mengenal Istilah Hingga Sejarah Golput di Indonesia, Bagaimana Prediksi Pemilu 2024 Mendatang?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan minimnya keterlibatan perempuan dalam dunia politik, salah satunya karena masyarakat atau dari diri mereka sendiri.

"Ini disebabkan oleh perempuan itu sendiri karena mereka belum meyakini kemampuannya dalam berpolitik," ujar Bintang Puspayoga saat menyampaikan sambutannya secara daring di acara Kompas Talks di Menara Kompas, Selasa (12/13/2022).