Find Us On Social Media :

Belajar, Bermain, dan Mendongeng Bersama Kompas Gramedia di Festival Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

By Grid, Senin, 19 Desember 2022 | 13:50 WIB

(Ka-Ki) Dongeng yang sedang dibacakan oleh Penulis Buku Lintang Pandu dan dibimbing oleh Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia Dina Novita 

Grid.id — Kompas Gramedia melalui penerbit Elex Media Komputindo dan Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia selenggarakan "Read Aloud di Taman" (17/12/2022) di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program "Baca Bareng di Taman", salah satu mata acara dalam rangkaian festival literasi "Pesta di Taman" yang diinisiasi PT Integrasi Transit Jakarta.

"Read Aloud di Taman" berupa aktivitas dongeng interaktif yang mengajak anak-anak untuk bertualang dalam pengalaman dongeng seru. Anak-anak tidak hanya mendengarkan, tetapi juga diajak berpartisipasi aktif dalam cerita untuk memantik imajinasi mereka.

"Dongeng interaktif akan memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan pada anak. Karena selain cerita yang seru, dongeng dikemas dengan memasukkan sedikit pengetahuan yang dapat menambah wawasan anak-anak. Tidak hanya itu, bookish play membantu anak melatih motorik halus dan memberikan kenang-kenangan untuk anak bawa pulang," ujar Dina dari Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia.

Cerita diambil dari buku dongeng terbaru terbitan Elex Media Komputindo berjudul Taman Bermain Paling Ajaib karya Lintang Pandu Pratiwi. Buku ini berisi kumpulan kisahmetaforis kehidupan Lintang. "Melalui buku Taman Bermain Paling Ajaib, saya berharap dapat menebarkan kegembiraan dan harapan pada anak-anak untuk dapat mengembangkankemampuan dan bakat yang dimiliki lewat cerita yang seru dan memikat," ujar Lintang.

Keseruan mendongeng ditambah dengan kegiatan bookish play, yaitu membuat kreasi bentuk dari aneka bahan, untuk mengasah kreativitas anak.

Acara ditutup dengan penyerahan mock up buku Taman Bermain Paling Ajaib perwakilan penerbit Elex Media Komputindo kepada Lintang Pandu Pratiwi.

Dalam kolaborasi dengan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu melalui kegiatan mendongeng bersama di fasilitas publik, Kompas Gramedia ingin mengajak masyarakat bersama-sama menumbuhkan minat baca anak sebagai upaya peningkatan literasi Indonesia.

Kompas Gramedia percaya masyarakat yang melek literasi menjadi salah satu faktor pendorong kemajuan bangsa.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Kementerian PPPA, Harian Kompas Gelar Inspirasi Perempuan Fest 2022

"Kompas Gramedia melalui berbagai unit bisnisnya selalu membuka diri untuk kesempatan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mencerahkan masyarakat.Semoga kolaborasi kami dengan PT Integrasi Transit Jakarta melalui keterlibatan Gramediadalam festival literasi ‘Pesta di Taman’ dapat semakin mendorong masyarakat untuk menjadikan membaca buku sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari," ucap Communityand CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto.

"Pesta di Taman" adalah festival literasi yang diinisiasi PT Integrasi Transit Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya menjadikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu sebagai pusat kegiatan literasi, kreativitas, serta budaya masyarakat yang ramah keluarga, anak, sekolah, dan komunitas.