Find Us On Social Media :

Bantu Perempuan untuk Lebih Berdaya dan Berkarya, Pegadaian Gelar Pelatihan UMKM

By Yussy Maulia, Kamis, 22 Desember 2022 | 18:04 WIB

Pegadaian mengadakan pelatihan khusus perempuan pelaku UMKM di Kota Bandung, Jumat (16/12/2022).

Grid.ID – Lembaga keuangan Pegadaian sukses mengadakan pelatihan khusus perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertajuk Mompreneur: Ibu Berkarya, Ibu Berdaya, Jumat (16/12/2022).

Acara yang digelar di Hotel The Papandayan, Bandung, Jawa Barat, ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ibu.

Melalui pelatihan tersebut, sejumlah pembicara ahli di bidangnya berbagi pengetahuan tentang pengembangan bisnis, mulai dari inspirasi bisnis rumahan, pemasaran dan branding, pencatatan keuangan sederhana, hingga langkah-langkah mendaftarkan usaha.

Antusiasme masyarakat Bandung terhadap pelatihan Mompreneur: Ibu Berkarya, Ibu Berdaya pun cukup tinggi. Hal ini dibuktikan oleh jumlah pendaftar yang melebihi kuota yang disediakan.

Baca Juga: Mau Usaha di Bidang Kuliner? Begini Tips Sukses dari Tiga Pemuda Pendiri Restoran Ayam Crisbar

Sebagai informasi, pelatihan dihadiri oleh lebih dari 200 perempuan pelaku UMKM di Kota Bandung. Pelatihan ini juga dihadiri oleh Yunimar Mulyana selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bandung dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan perempuan, termasuk ibu rumah tangga, agar bisa berdaya dan berkarya dari rumah.

“Tujuan pelatihan ini sesuai dengan tema Hari Ibu 2022 yang dicanangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” ujar Elvi dalam keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Kamis (22/12/2022).

Sejalan dengan tujuan memberdayakan perempuan, Pegadaian juga terus mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha, khususnya permodalan.

Baca Juga: Kapolrestro Jaksel Kenalkan UMKM pada Warga, Ajak Masyarakat Kreatif Tingkatkan Ekonomi!

Upaya tersebut dilakukan melalui penyediaan berbagai produk berbasis gadai dan pembiayaan, di antaranya Gadai Emas, Gadai Elektronik, Gadai Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Pinjaman Modal Produktif.