Find Us On Social Media :

Pengakuan Putri Candrawathi Diperkosa Brigadir J Dipertanyakan, Mampu Bangkit dari Trauma dalam Hitungan Menit, Pakar Psikologi: Realistiskah itu?

By Mia Della Vita,None, Jumat, 23 Desember 2022 | 20:39 WIB

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo memeluk Putri Candrawathi saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022)

Grid.ID - Pengakuan Putri Candrawathi diperkosa Bridagir J memunculkan berbagai pertanyaan.

Termasuk dari pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel.

Reza Indragiri mempertanyakan bagaimana tahap pemulihan Putri Candrawathi yang mengaku sebagai korban pemerkosaan.

Putri Candrawathi sebelumnya bersikeras mengaku diperkosa Brigadir J.

Namun ia mampu bertemu kembali di kamar dan hanya berdua dalam hitungan menit.

Reza Indragiri pun menjelaskan, sesungguhnya korban pemerkosaan memiliki tahapan-tahapan untuk pemulihan.

Pernyataan itu disampaikan Reza Indragiri Amriel kepada KOMPAS TV, Jumat (23/12/2022).

“Pertama, mengatasi ketakutan hebat. Jika berhasil, masuklah korban ke tahap kedua, memulihkan ingatan tentang peristiwa traumatis tersebut. Ketiga, membangun kembali relasi sosial,” kata Reza Indragiri.

Bagi Reza Indragiri, pada tahap ketiga atau korban pemerkosaan menemui pelakunya untuk bersosialisasi ataupun berhubungan kembali adalah hal yang wajar.

Namun tetap, kata Reza, korban perkosaan pasti butuh waktu yang tidak seketika untuk bisa mencapai tahap ketiga atau bersosialisasi.

“Karena trauma akibat perkosaan bersifat amat berat, maka niscaya butuh proses yang berat dan waktu yang tidak seketika untuk sampai ke tahap ketiga itu,” jelasnya.

Baca Juga: Putri Candrawathi Nangis Akui Berbohong Soal Dilecehkan Brigadir J di Duren Tiga, Terpaksa Ikut Skenario Ferdy Sambo karena Alasan Ini