Find Us On Social Media :

Suara Sudah Mulai 'Meleyot', Iwan Fals Putuskan untuk Pensiun?

By Virgilery Levana Clarence, Minggu, 25 Desember 2022 | 07:17 WIB

Musisi legendaris Iwan Fals baru saja mengadakan konser bertajuk Bertalu Rindu 'Aku Menyayangimu' yang digelar di rumah pribadinya di kawasan Depok, Jawa Barat pada Sabtu (24/12/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Virgilery Levana

Grid.ID - Musisi legendaris Iwan Fals baru saja mengadakan konser bertajuk Bertalu Rindu 'Aku Menyayangimu' yang digelar di rumah pribadinya di kawasan Depok, Jawa Barat pada Sabtu (24/12/2022).

Dalam sebuah penampilannya Iwan Fals atau yang bernama lengkap Virgiawan Liestanto ini sempat menyebutkan mengenai dirinya ingin pensiun dari dunia musik namun dalam sebuah konferensi pers hal ini diklarifikasi oleh bapak dari 3 orang anak ini.

Dirinya mengatakan bahwa pada penampilannya kali ini dia melihat penggemarnya bernyanyi dengan suara yang bagus, kompak, bahkan tanpa henti yang membuat dirinya merasa sangat senang karena bisa menutupi suara nya yang terkadang 'meleyot'

"Saya lihat penonton tadi suaranya bagus banget, kompak, nggak berhenti. Saya kan konser banyak ya, itu kualitas bernyanyinya makin bagus, tau kapan harus masuk,"

"Kalau dulu masih berantakan. Kan kesal tuh, sudah latihan capek-capek, nyelonong gitu aja. Perkembangan terakhir, makin bagus, saya ikut senang,"

"Suara saya kadang meleyot, malah jadi bagus (gara-gara) penonton. Kayaknya gue mesti pensiun deh," ujar Iwan Fals di Depok, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022).

Namun meski begitu dirinya membantah jika akan berhenti berkarya di dunia musik yang sudah 40 tahun lebih dirinya geluti walaupun dia sadar jika sudah banyak penyanyi-penyanyi baru yang memiliki kualitas tidak kalah bagus.

"Tapi kan ya, nggak ada musik pensiun. Banyak penyanyi bagus, ya mungkin mereka terinspirasi dari saya. Saya nggak minder, bangga saya lihat penonton yang begitu," ungkapnya.

Dirinya berharap malah untuk tidak pensiun dari dunia musik karena bagi dirinya tidak ada rumusan yang benar jika seorang musisi berhenti berkarya kecuali karena masalah kesehatan yang tidak bisa dicegah.

Baca Juga: Ariel NOAH Diramal Bakal Jadi Musisi Legendaris Selevel Iwan Fals, Karier Luna Maya Justru Bakal Tenggelam?

"Kalau soal pensiun, nggak lah mudah-mudahan. Kayaknya nggak ya, gimana ada rumusan musisi pensiun? Di kamar mandi aja kita nyanyi,"