Find Us On Social Media :

BRIN Sebut Ada Ancaman Badai di Jabodetabek Hari Ini, BMKG Beri Respon Berbeda: Mulai Tanggal 29 Desember Patut Diwaspadai

By Mia Della Vita,None, Rabu, 28 Desember 2022 | 18:49 WIB

Ilustrasi cuaca ekstrem.

Grid.ID- Masyarakat belum lama ini dihebohkan dengan prediksi hujan ekstrem dan badai dahsyat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 28 Desember 2022.

Prediksi badai dahsyat dan hujan ekstrem pertama kali diungkap oleh peneliti di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin.

Erma Yulihastin, melalui akun Twitter miliknya @EYulihastin, Senin (26/12/2022), mengatakan bahwa potensi hujan ekstrem dan badai dashyat itu berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System atau Sadewa.

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengaku belum dapat memastikan isu terjadinya badai pada di Jabodetabek pada hari ini.

Alih-alih badai, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya lebih memilih menyebutnya sebagai hujan lebat dan hujan ekstrem yang melanda wilayah Jabodetabek.

Prediksi BRIN Erma dalam twitnya menjelaskan, hujan ekstrem dan badai dahsyat akan mengguyur Jabodetabek pada hari ini, Rabu, 28 Desember 2022.

"Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," tulis Erma.

Erma turut melampirkan pantauan laman Sadewa yang menampilkan arah datangnya hujan dan badai dahsyat.

Peneliti klimatologi ini menjelaskan, badai dahsyat akan bermula dari laut dan berpindah ke darat melalui dua jalur.

Pertama, dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut atau westerly burst.

Kedua, dari utara melalui angin permukaan yang kuat atau northerly.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Awet Tahan Lama di Segala Cuaca, Simak Yuk!