Find Us On Social Media :

Gempa Cianjur Jadi Bencana Terdahsyat yang Terjadi Sepanjang 2022

By Cucianingsih, Kamis, 29 Desember 2022 | 12:09 WIB

Lokasi gempa Cianjur malah dijadikan tempat wisata bencana

Grid.IDGempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada tanggal 21 November 2022 pukul 13.21 WIB. Berdasarkan laporan BMKG, terdapat gempa susulan sebanyak 140 kali hingga tanggal 22 November.

Sementara itu, hingga 2 Desember 2022, dilansir dari Kompas.com, terdapat 373 gempa susulan.

Akibat gempa bumi tersebut, korban meninggal dunia mencapai 327 orang. Sementara untuk total korban luka berat yang masih dirawat di rumah sakit wilayah Cianjur masih ada 68 warga dan beberapa lainnya sudah keluar rumah sakit dan menjalani rawat jalan.

Total pengungsi gempa Cianjur hingga kini berjumlah 108.720 jiwa.

Menurut BMKG, Gempa Cianjur disebabkan oleh adanya patahan yang dinamakan patahan Cugenang.

Patahan tersebut teridentifikasi berada di Kecamatan Cugenang dengan panjang hingga 9 kilometer. Patahan Cugenang mengarah ke barat laut tenggara dan melintasi sembilan desa di dua kecamatan.

Adapun sembilan desa yang dilintasi garis patahan Cugenang, yaitu Desa Ciherang, Ciputri, Cibeureum, Nyalindung, Mangunkerta, Sarampad, Cibulakan, dan Desa Benjot di Kecamatan Cugenang.

Sudah satu bulan berlalu, Pemerintah Kabupaten Cianjur mengungkapkan jika kondisi gempa sudah melemah dengan intensitas gempa susulan yang menurun. Para pengungsi yang rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur dihimbau untuk pulang ke rumah.

Dikutip dari Kompas.com, Pemerintah Kabupaten Cianjur juga telah membentuk Satgas Penanganan Gempa Bumi Cianjur yang dipimpin oleh Bupati Cianur dan di bawahnya memiliki beberapa bagian.

Kabar mengenai gempa Cianjur begitu menyulut simpati dari banyak pihak. Banyak bantuan yang telah diturunkan untuk para korban gempa Cianjur. Tak hanya dari dalam negeri saja, gempa Cianjur juga menyita perhatian dari sejumlah publik figur dunia dan negara sahabat.

Terdapat ada banyak publik figure Tanah Air yang memberikan bantuan yakni Ashanty, Lesti Kejora, Nathalie Holscher, Raffi Ahmad, dan masih banyak lagi.

Tonton video selengkapnya di chanel Youtube Grid.ID!