Find Us On Social Media :

Richard Eliezer Ikuti Perintah untuk Tembak Brigadir J, Kuasa Hukum Ferdy Sambo: Mengorbankan Pihak Lain Dengan Alasan Perintah Jabatan

By Rissa Indrasty, Jumat, 30 Desember 2022 | 15:27 WIB

Bharada Richard Eliezer Pudihan Lumiu bersama kuasa hukumnya, Ronny Talapessy, di ruang sidang kasus pembunuhan Brigadir J

Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty

Grid.ID - Sidang atas kasus pembunuhan berencana yang dilakukan Ferdy Sambo terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J hingga kini masih bergulir.

Seperti yang diketahui, Bharada Richard Eliezer turut terseret kasus ini karena menjalani Ferdy Sambo untuk menembah Brigadir J.

Kini, Richard Eliezer tengah berjuang mencari keadilan baginya karena dirinya hanya menjalani perintah.

Menanggapi hal ini, tim kuasa hukum Ferdy Sambo tengah buka suara perihal keterlibatan Richard Eliezer tersebut.

Dimana Richard Eliezer seharusnya menolak perintah Ferdy Sambo.

"Tambahan juga ada bukti yang kami ajukan yaitu peraturan Kapolri tentang kode etik anggota Polri, kenapa kami ajukan, karena ada salah satu bagian di peraturan Kapolri tersebut tentang kewajiban dari bawahan kalau menerima perintah yang bertentangan dari norma hukum, norma agama, dan norma kesusilaan, jadi ada kewajiban bawahan saat menerima perintah yang melanggar hukum maka bawahan itu wajib menolak," ungkap Kuasa Hukum, Febri Diansyah, saat ditemui Grid.ID di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2022).

Pasalnya, sudah ada peraturan bahwa bawahan wajib menolak perintah atasan jika bertentangan dari norma hukum, norma agama, dan norma kesusilaan.

"Kenapa itu penting, karena dalam perkara ini salah satu pasal yang digunakan pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, dimana salah satu bagian dari pasal tersebut adalah menyuruh melakukan, ini juga kami elaborasi dari keteramhan ahli sebelumnya, jangan sampai ada persepsi atau asumsi pasal menyuruh melakukan dihubungkan dengan perintah jabatan, karena di Polri itu tegas sekali sejak beberapa tahun lalu bawahan wajib menolak perintah atasannya yang bertentangan dengan norma hukum, agama kesusilaan," ungkap Febri Diansyah.

Febri Diansyah pun kembali menegaskan bahwa Richard Elizer seharusnya menolak perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J.

Baca Juga: Bawa Barang Bukti Kinerja Ferdy Sambo Selama di Kepolisian, Kuasa Hukum Berharap Hukuman Kliennya Diringankan karena Telah Berjasa

"Sudah benar peraturan Kapolri mewajibkan bawahan menolak perintah atasan yang melawan hukum," ungkap Febri Diansyah.