Find Us On Social Media :

Ahmad Dhani, Uya Kuya, hingga Denny Cagur Jadi Caleg dalam Pileg 2024 Mendatang, Pengamat Beri Kritikan: Merusak Demokrasi!

By None, Rabu, 4 Januari 2023 | 07:00 WIB

Ahmad Dhani, Uya Kuya, hingga Denny Cagur jadi caleg.

Grid.ID - Sederet artis kini ramai-ramai menjadi calon legislatif (caleg) dalam pileg 2024 mendatang.

Beberapa artis yang menjadi caleg dalam pileg 2024 mendatang mulai dari Ahmad Dhani, Uya Kuya, hingga Denny Cagur.

Mengetahui banyak artis, termasuk Ahmad Dhani, Uya Kuya, dan Denny Cagur nyaleg dalam pileg 2024, pengamat mengungkap kritikannya.

Konstentasi pemilu legislatif 2024 dikabarkan akan ramai diikuti sejumlah nama tenar dari deretan artis tanah air.

Dilansir TribunWow.com, tercatat ada sejumlah nama yang baru menjajal dunia politik antara lain Uya Kuya, Denny Cagur, hingga Ely Sugigi.

Namun, hal ini justru dipandang negatif oleh Direktur Eksekutif Voxpol Research dan Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Menurut Pangi, para artis tersebut dimanfaatkan oleh partai politik hanya untuk mendulang suara alias sebagai vote getter.

Ia menilai hal ini dilakukan oleh parpol yang tidak mampu memunculkan kader berkualitas melalui proses kaderisasi partai.

"Artis sebetulnya bagian dari mesin pengumpul suara atau vote getter. Jadi rata-rata partai cari aman, mereka yang selama ini tidak terlibat dalam proses kaderisasi yang matang, tiba-tiba masuk bursa caleg dan jadi (berhasil menjadi anggota legislatif -red)," tutur Pangi, dikutip Tribunnews.com, Senin (2/12/2022).

Para artis yang ujug-ujug bergabung ke parpol dan menjadi caleg tersebut juga dinilai kurang berkontribusi ke masyarakat.

"Padahal kalau kita tanya, apa kontribusinya? Nggak ada kecuali partai memanfaatkannnya sebagai mesin pengumpul suara."

Baca Juga: Fadel Islami Diam-diam Banting Setir Jadi Caleg, Nasib Rumah Tangganya dengan Muzdalifah Kembali Disoroti: Jikalau Hati Istri Terzolimi, Pintu Kesuksesan Suami Akan Terhalang