Find Us On Social Media :

Berkunjung ke KG Media, Kemenparekraf Sandiaga Uno Soroti Bentara Budaya Jakarta

By Grid, Kamis, 5 Januari 2023 | 12:58 WIB

Kunjungan Silaturahmi Kemenparekraf ke KG Media

Grid.ID - Kompas Gramedia melalui KG Media menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno beserta jajaran di Ruang Tambora, lantai 6 Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan.

Kunjungan ini dalam rangka mempererat silaturahmi sekaligus memaparkan agenda utama Kemenparekraf di tahun 2023.

Berdasar data Kemenparekraf, pada tahun 2022 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia mencapai 3,6 juta jiwa pada bulan Oktober dan mencapai 4,5 juta jiwa pada bulan November. Sementara itu, terdapat 703 juta wisatawan lokal.

Angka ini hanya 2,5 kali populasi. Target Kemenparekraf di tahun 2023 adalah meningkatkan pergerakan wisatawan menjadi 1,2 miliar. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak.

Pada tahun 2022, pendapatan pariwisata tercapai 5 miliar dolar AS, akan ditingkatkan menjadi 5,9 miliar dolar AS pada tahun 2023. Nilai tambah ekonomi kreatif sebesar Rp1.300 triliun.

Tahun ini akan diupayakan untuk menambah 4,4 juta lapangan kerja baru. Target akan dapat tercapai jika semua pihak bekerja sama.

Harapan dari target ini adalah meningkatnya wisatawan yang berkualitas dan berkelanjutan dengan durasi tinggal lebih panjang dan pengeluaran lebih besar.

“Selain meningkatkan aksesibilitas, kita harus revitalisasi destinasi termasuk desa-desa wisata yang jumlahnya 4.000 lebih, dan terakhir event. Event-event yang berkualitas, event olahraga, event yang berkaitan dengan budaya, maupun ecotourism,” ujar Sandiaga Uno.

Menurutnya, tahun 2023 sangat strategis dan crucial sebagai momentum kebangkitan ekonomi Indonesia pascapandemi, karena itu harus dikawal.

Pertumbuhan ekonomi pada momen ini, di tengah situasi global yang mengalami perlambatan, akan menjadi sebuah prestasi bagi Indonesia.

“Kita ingin pembangunan berkelanjutan. Kita sambut tahun politik 2024 dengan penuh sukacita, jangan terpecah-belah. Kita lanjutkan capaian pemerintah menuju Indonesia Emas 2045, dengan target menjadi negara maju,” tambahnya.

Baca Juga: Resep Mie Panjang Umur yang Gampang Dibuat, Sajian Wajib Saat Rayakan Tahun Baru Imlek 2023