Find Us On Social Media :

Bukan Menunggu Viral, Ketua RT Ngaku Sudah Pernah Coba Membersihkan Rumah Tiko Tapi Terkendala Hal Ini

By Ragillita Desyaningrum, Sabtu, 7 Januari 2023 | 14:45 WIB

Warga sekitar pun banyak mendatangi rumah Tiko untuk melihat dan membuat konten di sana hingga menjadi viral

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Ketua RT tempat tinggal Tiko, Noves Haristedja menjelaskan bahwa ia dan warga sekitar telah mencoba membantu Tiko membersihkan rumahnya sebelum viral.

Ia membantah bahwa upaya membersihkan rumah Tiko baru dilakukan ketika kisah Tiko viral di kalangan masyarakat luas.

Sayangnya, usaha Noves dan warganya ditentang oleh ibunda Tiko sekaligus pemilik rumah, Eny Sukaesih.

“Sebelum viral pun kita sudah mencoba membersihkan ini, cuma tidak bisa maksimal karena tidak boleh (tidak diizinkan). Pohon ini nggak boleh, pohon itu nggak boleh," kata Noves ketika ditemui di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (5/1/2023).

"Itu pohon sudah kita tebang sebelumnya, kita tebang nggak bisa maksimal, kita bersihkan nggak bisa maksimal, karena nggak ada izin (dari Eny Sukaesih),” jelas Noves. 

Noves menceritakan bahwa Eny memang sangat protektif terhadap rumahnya, sehingga tidak mengizinkan orang lain mendekati rumahnya.

Menurut Noves, kemungkinan Eny merasa takut atau trauma dan berpikiran bahwa akan ada orang yang ingin mengambil rumahnya.

“Dia protect di rumah, kalau ada orang masuk, dia nggak kasih masuk, mungkin trauma takut. Makanya dia menjaga seperti itu. Nggak boleh, tidak diizinkan orang lain masuk,” jelasnya.

Selain itu, Noves menyebutkan bahwa pemerintah kota juga sudah membantu keluarga Tiko melalui pengurus RT.

Di antaranya adalah membantu proses pembuatan E-KTP untuk Tiko dan ibunya, sehingga keduanya bisa mendapatkan bantuan sosial.

Baca Juga: Hidup di Rumah Mewah Tanpa Listrik dan Air, Tiko dan Ibu Eny Sempat Dibantu Tetangga Sebelah untuk Bertahan Hidup