Find Us On Social Media :

Ahli Bahasa Beberkan Makna Kata yang Digunakan Ferdy Sambo untuk Memerintah Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria

By Hana Futari, Kamis, 19 Januari 2023 | 17:31 WIB

Mantan Karopaminal Divpropam Polri, Hendra Kurniawan menjalani sidang Obstruction of Justice pembunuhan Brigadir J.

Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari

Grid.ID - Pihak Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria menghadirkan saksi ahli bahasa dalam persidangan Obstruction of Justice kasus pembunuhan Brigadir J di kediaman Ferdy Sambo.

Dalam sidang yang berlokasi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, ahli bahasa Andika Dutha Bachari menjelaskan pengertian kata-kata yang diperintah Ferdy Sambo terhadap Agus Nurpatria dan Hendra Kurniawan.

Hal itu diterangkan Andika Dutha Bachari ketika mendapat pertanyaan dari penasihat hukum Agus Nurpatria dan Hendra Kurniawan.

"Perintahnya adalah 'cek amankan dan koordinasikan', jadi atas kata-kata 'amankan' ini mungkin dari ahli Andika dapat menerangkan?" kata penasihat hukum Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2023).

Mulanya, Andika Dutha Bachari menyebut bahwa kata-kata tersebut tidak memiliki makna negatif.

Terlebih apabila pihak pemberi perintah dan penerima perintah tidak memiliki kesepakatan lain terkait kata-kata tersebut.

"Baik, secara kamus kata cek amankan dan koordinasikan tidak bermakna negatif dan tidak ada pengertian khusus sepanjang bahwa orang yang diperintahkan tidak memiliki pengetahuan yang sama dengan yang memerintah," terang Andika Dutha Bachari.

Namun, dapat dikatakan bahwa kata-kata tersebut mengandung arti negatif, apabila pihak pemberi dan penerima perintah memiliki tujuan yang sama terkait kata-kata tersebut.

"Ini kan yang menjadi masalah itu adanya latar belakang pengetahuan yang menyuruh itu mempunyai background ini terjadi tembak menembak," ujarnya.

Akan tetapi, beda halnya apabila sang penerima perintah tidak memiliki latar belakang pengetahuan khusus mengenai kata-kata tersebut.

Baca Juga: Saksi Ahli Sebut Agus Nurpatria dan Hendra Kurniawan Tidak Boleh Dihukum, Ini Alasannya