Find Us On Social Media :

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Diisukan Downgrade dari Samsung Galaxy S22, Masih Layak Beli?

By Fathia Yasmine, Senin, 30 Januari 2023 | 18:00 WIB

Ilustrasi bocoran Samsung Galaxy S23 Ultra

Grid.ID – Pencinta smartphone keluaran Samsung pasti sudah tahu kalau seri flagship, yakni Galaxy S23 series diperkirakan akan rilis pada Februari 2023.

Meski begitu, banyak bocoran mengatakan bahwa fitur HP ini akan dipangkas, sehingga fiturnya lebih minim alias downgrade jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat dua rumor yang diisukan akan berpengaruh kepada kinerja Samsung Galaxy S23 series. Apa saja?

Sektor kamera

Sejak kemunculan Samsung Galaxy S20 Ultra, produsen asal Korea Selatan rutin menyematkan sensor 40 megapixel (MP) untuk kamera depan atau selfie pada ponsel flagship-nya.

Namun, pada seri Galaxy S23, Samsung diisukan hanya menyematkan kamera depan sebesar 12 MP. Meski demikian, kamera depannya beresolusi sangat besar, yaitu 200 MP.

Baca Juga: Wah! Kita Bisa Menyimpan Status WhatsApp Orang Lain di HP Android, Nggak Perlu Aplikasi Tambahan

Meski begitu, besaran megapixel yang ada di dalam kamera HP bukanlah satu-satunya patokan bagus atau tidaknya sebuah kamera. Sebab, faktor lain seperti sensor, eksposur, artificial intelligence (AI) juga bisa memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Sebagai contoh, situs benchmark DxOMark memberi peringkat ke 14 pada Samsung Galaxy S22 soal kualitas kamera. Padahal, spesifikasi HP ini tergolong gahar dengan kamera utama 108 MP, dan kamera depan 40 MP.

Sebaliknya, di peringkat tertinggi justru diberikan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max yang hanya memiliki resolusi kamera 48 MP saja. Maka dari itu, Samsung mungkin saja menurunkan kualitas megapixel kamera depan agar kualitas fotonya bisa lebih baik dari Samsung Galaxy S22.

Penurunan di sektor layar

Rumor lain yang muncul adalah penurunan motor feedback dan sektor layar. Kabarnya, HP ini akan memakai motor feedback kelas bawah dan memiliki bezel yang lebih lebar daripada Samsung Galaxy S22.