Find Us On Social Media :

Mengenal Adenomiosis, Penyakit yang Diderita Melaney Ricardo Hingga Harus Jalani Operasi Pengangkatan Rahim

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 31 Januari 2023 | 16:17 WIB

Melaney Ricardo divonis mengidap adenomiosis dan harus menjalani operasi pengangkatan rahim.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Presenter Melaney Ricardo terpaksa harus menjalani operasi pengangkatan rahim baru-baru ini.

Dilansir dari kanal Youtubenya via Grid.ID, Melaney bercerita bahwa beberapa bulan terakhir, ia mengalami gejala adenomiosis.

"Jadi yang aku alami beberapa bulan ke belakang ini adalah symptoms (gejala) aku itu mengidap adenomiosis, jadi agak mirip dengan endometriosis," kata Melaney.

Menurut penuturan dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG (K) kepada Melaney, adenomiosis terjadi ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh ke dalam dinding otot rahim.

Lebih lanjut, istri Tyson James Lynch ini menceritakan bahwa ia kerap mengalami pendarahan yang sangat banyak saat menstruasi.

“Banyaknya seperti apa? Itu rasanya seperti kayak pipis tapi yang keluar darah. Jadi kalau lagi menstruasi hari pertama atau hari kedua, that’s the worst,” ungkap Melaney.

Melaney sempat mengira bahwa pendarahan yang banyak ini merupakan tanda bahwa ia masih subur di usianya yang menginjak 41 tahun.

Padahal, hal itu merupakan abnormal karena wanita seusianya justru mengalami pendarahan menstruasi yang sedikit.

Selain itu, Melaney juga mengeluhkan kram saat menstruasi yang sangat berlebihan sampai-sampai ia harus mengonsumsi obat pereda nyeri dua kali sehari.

Nyeri saat menstruasi ini memang sudah dialami sejak belum menikah, namun bertambah parah belakangan ini.

"Menstruasi aku itu sakitnya bener-bener yang sakit. Jadi pada saat dulu aku belum melahirkan, ibaratnya masih gadis itu memang aku setiap menstruasi itu selalu sakit," ujar Melaney.