Find Us On Social Media :

Sambut Pemilu 2024, KPU Akan Adakan Sosialisasi Berupa Simulasi untuk Para Pemilih Muda

By Grid, Sabtu, 4 Februari 2023 | 11:17 WIB

August Mellaz, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat

Grid.id - Bersiap untuk pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang? Pemilihan umum (Pemilu) direncanakan akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024, girls.

Dilansir dari Kompas.com, menurut hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), pemilih muda akan mendominasi Pemilu 2024, lho.

Dalam hal ini, pemilih muda diartikan sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) yang berusia 17-39 tahun.

Menurut hasil survey CSIS yang dilansir dari Kompas.com, proporsi pemilih muda pada Pemilu 2024 diprediksi mendekati 60 persen atau sekitar 190 juta warga. Angka yang cukup besar ya, girls!

Sebagai bagian dari para pemilih muda tersebut, kita pun sebaiknya turut berpartisipasi dan enggak abai untuk mencari informasi seputar Pemilu 2024, ya.

Karena bagaimana pun juga, suara kita sebagai kaum muda, sangat berpengaruh, girls.

Termasuk juga buat kita yang baru pertama kali ikutan memberikan hak suara, atau yang dikenal dengan pemilih pemula.

Sebagai pemilih pemula yang juga lumayan mendominasi pada Pemilu 2024 mendatang, wajar kok kalau kita masih bingung tentang tata cara, proses pemilihan dan gimana caranya memberikan hal suara yang sah.

Menjawab kebingungan kita para pemilih pemula, tim CewekBanget.ID pun sempat mewawancarai August Mellaz, salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2022-2027, terkait pemilih pemula dan Pemilu 2024.

August Mellaz adalah Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI.

Penasaran gimana sosialisasi KPU bagi pemilih pemula? Yuk, intip hasil wawancara tim CewekBanget.ID bersama August Mellaz!

Baca Juga: Hasil Survei: Anak Muda Ingin Pemilu 2024 yang Aman Terkendali! | Yang Muda Yang Memilih