Find Us On Social Media :

Jadi, Kris atau Kyuris? Ini Kata Gubernur Bank Indonesia Soal Pengucapan QRIS

By Yussy Maulia, Senin, 6 Februari 2023 | 11:04 WIB

Ilustrasi melakukan pembayaran melalui QRIS.

Grid.ID – Belum lama ini, netizen kembali memperdebatkan cara pengucapan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard.

Misalnya saja, YouTuber Nessie Judge yang mengucapkan QRIS menjadi kyuris. Pendapat itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya, @nessiejudge.

IT'S QYURIS NOT KRIS, i'm so sorry bapak-bapak, it's English, u set this up yourselves hahah,” tulis Nessie dalam cuitan yang diunggah Kamis (2/2/2023).

Namun, Direktur Utama Narabahasa sekaligus influencer yang dikenal aktif mengedukasi tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baku dan benar, Ivan Lanin, mengutarakan pendapat yang berbeda.

Melalui akun Twitter miliknya (@ivanlanin), Ivan mengatakan bahwa cara pengucapan QRIS yang benar adalah kris.

Baca Juga: Ivan Gunawan Berhasil Bangun Masjid di Uganda Pakai Uang Sendiri, Begini Jawaban Tak Terduga Saat Ditanya Biaya

Saya ikut kemauan pihak yang punya nama itu saja,” tulis Ivan seraya mencantumkan cuitan yang pernah dia buat tahun lalu.

Dalam cuitan lawas tersebut, Ivan memaparkan bahwa Bank Indonesia (BI) secara resmi mengumumkan bahwa pengucapan QRIS adalah kris.

Pada laman QRIS di situs webnya, @bank_indonesia mencantumkan "dibaca KRIS". Huruf "q" dalam bahasa Indonesia dibaca "ki" dan tampaknya QRIS diperlakukan sebagai akronim,” papar Ivan dalam cuitan yang diunggah Senin (23/10/2022).

Kendati demikian, pengucapan QRIS yang tepat masih menjadi perdebatan netizen hingga saat ini. Selain kyuris dan kris, beberapa juga menyebut kiriskyuaris, hingga keris.

Baca Juga: Terlanjur Klik Link Penipuan di WhatsApp, Ini Dia Trik Agar Uang M-Banking Tidak Dikuras

Menanggapi perdebatan yang tak kunjung usai itu, Bank Indonesia selaku pihak yang mengembangkan QRIS akhirnya angkat suara.