Find Us On Social Media :

Wajib Didatangi! Taman Akuatik Kebun Raya Bogor ‘Warisan’ yang Ada Sejak Zaman Belanda

By Grid, Rabu, 8 Februari 2023 | 10:46 WIB

Taman Akuatik jadi salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung saat ke Kebun Raya Bogor. Taman yang sudah ada sejak zaman Belanda ini, kini memiliki wajah baru.

Grid.ID - Kebun Raya Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi ketika berada di kota Bogor.

Kebun Raya Bogor yang berada di jalan Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat ini memiliki luas 87 hektar.

Kebun yang memiliki luas tersebut tentu saja memiliki sejarah panjang dan menjadi kawasan konservasi yang menyimpan berbagai macam tumbuhan.

Selain untuk berwisata, Kebun Raya Bogor juga memiliki area yang dapat mengedukasi para pengunjung, salah satunya yaitu Taman Akuatik.

Taman ini menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik pengunjung saat ke Kebun Raya Bogor.

Taman Akuatik sudah ada sejak zaman Belanda yang dirintis oleh Thomas Stamford Raffles.

Taman akuatik berfungsi sebagai tempat hidup bagi tumbuhan-tumbuhan air.

Seiring dengan berkembangnya Kebun Raya Bogor, taman ini dilakukan revitalisasi kembali agar lebih menarik minat pengunjung untuk datang.

Terdapat lima kolam besar di Taman Akuatik yang menyimpan koleksi berupa tumbuhan air tergenang seperti Nymphaea lotus L, Sagittaria latifolia Willd, dan Lepironia articulata (Retz.) Domin.

Koleksi tumbuhan tepi air seperti Cyperus papyrus L, Myriophyllum aquaticum (Vell.) Verdc, dan Monochoria hastata (L.) Solms.

Koleksi tumbuhan air terendam seperti Cyrtosperma sp, Thalia geniculata L, dan Oryza sativa L.

Baca Juga: Terancam Punah, Anggrek Hitam Flora Asli Kalimantan Mekar di Kebun Raya Bogor!