Find Us On Social Media :

UII Kirim Surat ke Interpol untuk Terbitkan Yellow Notice Dosen Ahmad Munasir Rafie yang Hilang

By Citra Widani, Minggu, 19 Februari 2023 | 15:15 WIB

Universitas Islam Indonesia (UII) telah mengirimkan permohonan Yellow Notice ke Interpol untuk dosennya Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang saat menjalankan tugas kampus di Oslo, Norwegia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Pihak Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengirimkan surat ke Interpol untuk menerbitkan Yellow Notice dosen Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang. 

Sebagaimana diketahui bahwa Ahmad Munasir Rafie Pratama yang merupakan dosen dari Fakultas Teknik Industri (FTI) UII hilang saat melakukan aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). 

Ahmad Munasir Rafie Pratama melakukan kegiatan di Oslo, Norwegia sejak tanggal 5 Februari - 12 Februari 2023 bersama dengan 3 orang lainnya, salah satunya dalah Rektor UII Prof. Fathul Wahid.

Namun, Ahmad kembali ke Indonesia sendiri karena tim dibagi menjadi 3 penerbangan.

Ahmaddijadwalkan terbang kembali ke Indonesia dengan melakukan transit di Istanbul-Turkiye.

Melansir laman resmi UII, disampaikan bahwa Ahmad akan pulang dengan melewati rute Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta.

Namun untuk waktu detail-nya, Ahmad tidak berbagi informasi tersebut kepada istri maupun sesama tim yang ikut terbang ke Oslo.

Istri terakhir kali mendapatkan pesan pada 12 Februari 2023 siang saat menunggu boarding dari Oslo menuju Istanbul dengan tulisan 'Menungggu Boarding'.

Ahmad dipastikan sudah mendarat di Istanbul, Turki.

Hal ini disampaikan oleh UII setelah mendeteksi jejak digital Ahmad yang terpantau sudah berada di Istanbul, Turki.

Jejak digital pertama yang ditemukan Tim Pusat Krisis UII adalah aktivitas sign-out Google Drive yang ada pada 13 Februari 2023 pukul 03:57 waktu setempat Turki.