Find Us On Social Media :

Ada 3 Kasus Baru Covid-19 Sub Varian Kraken di DKI Jakarta, Perlukah Warga Khawatir? Begini Kata Menkes

By Mia Della Vita,Grid., Senin, 20 Februari 2023 | 17:49 WIB

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila mengabarkan bahwa ada temuan 3 kasus Covid-19 sub varian XBB.1.5 atau kraken di DKI Jakarta.

Grid.ID- Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila mengabarkan bahwa ada temuan 3 kasus Covid-19 sub varian XBB.1.5 atau kraken di DKI Jakarta.

Diungkap Ngabila, tiga kasus Covid-19 sub varian kraken tersebut terdiri dari satu pasien domisili luar DKI Jakarta dan dua domisili di Jakarta.

Menanggapi masalah ini, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menenangkan publik agar tidak panik.

Ia sendiri mengaku tidak terlalu khawatir terhadap subvarian kraken ini.

"Saya tidak terlalu khawatir soal Kraken," ungkapnya saat ditemui awak media dalam acara peresmian Laboratorium Genomic dan Penandatanganan MoU #OmicsuntuIndonesia di Jakarta Selatan, Senin (20/2/2023).

Budi mengungkapkan jika virus akan terus bermutasi secara alami. Dan virus tersebut akan terus membutuhkan inang atau rumah untuk hidup.

Inang atau rumah dari virus Covid-19 sendiri adalah manusia.

Ketika inang mati, maka virus pun turut mati. Oleh karena itu, virus akan bermutasi semakin lemah.

"Dia akan mati kalau hostnya mati. (Karenanya) virus akan bermutasi agar semakin lemah agar hostnya tidak mati," papar Budi.

Selain itu, menurut budi kekebalan imunitas populasi masyarakat Indonesia sudah tinggi.

Namun masyarakat kata Budi tetap harus berhati-hati.

Baca Juga: Nyengir Tahan Sakit, Krisdayanti Lakukan Vaksin Booster ke-2 Covid-19, Gaya sang Anggota DPR RI Curi Perhatian!