Find Us On Social Media :

Kekayaan Rafael Alun Dinilai Mencurigakan, Hartanya Bisa Melejit Rp 35 Miliar dalam 10 Tahun, dari Mana Asalnya?

By Mia Della Vita,Grid., Sabtu, 25 Februari 2023 | 05:30 WIB

Harta kekayaan Rafel Alun Trisambodo kini tengah diselidiki oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Grid.ID- Harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo kini tengah diselidiki oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Penyelidikan ini dilakukan menyusul mencuatnya kasus sang anak yang melakukan penganiayaan terhadap putra pengurus GP Ansor.

Kekayaan Rafael yang sempat menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Jakarta Selatan II ini dinilai mencurigakan.

Hal ini disampaikan oleh Menkeu, Sri Mulyani dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Sehingga, pencopotan Rafael sebagai pejabat di DJP pun menjadi langkah awal untuk penyelidikan harta kekayaannya.

"Di dalam rangka Kementerian Keuangan untuk melakukan pemeriksaan, maka mulai hari ini saudara RAT saya minta untuk dicopot dari tugas dan jabatannya," ujar Sri Mulyani.

Ia menjelaskan pencopotan ini berdasarkan Pasal 31 ayat 1 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berkaca dari hal itu, harta kekayaan Rafael Alun mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Jejak Harta Kekayaan Rafael Alun

Berdasarkan catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rafael Alun telah melaporkan hartanya sebanyak 10 kali.

Adapun pertama kali Rafael Alun melaporkan pada 24 Juni 2011 dengan jumlah harta kekayaan sebesar Rp 20.497.573.907 ketika menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan dan Penagihan DJP Kanwil Jawa Timur I.

Kemudian dia kembali melaporkan pada 25 Januari 2013 dan mengalami kenaikan harta kekayaan sekira Rp 1 miliar menjadi Rp 21.458.134.500.