Find Us On Social Media :

INNALILAHI, Korban Penganiayaan Mario Dandy, Anak Pejabat Ditjen Pajak Alami Diffuse Axonal Injury, Apakah Korban Bisa Sembuh?

By Grid., Sabtu, 25 Februari 2023 | 10:30 WIB

David dan Mario Dandy Satrio

Grid.id - Kasus penganiayaan David (17) oleh Mario Dandy masih terus berlanjut.

Pada Jumat (24/2/2023) malam kemarin, Mario Dandy, anak eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Ditjen Pajak Kemenkeu) akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Lalu bagaimana dengan kondisi korban?

David diketahui menderita diffuse axonal injury dan hingga kini masih tak sadarkan diri.

"Menurut Dokter bahwa ananda David kena diffuse axonal injury," jelas Anggota Bidang Cyber dan Media PP GP Ansor dan rekan ayah korban, Ahmad Taufiq, saat dikonfirmasi Kompas.com pada Jumat (24/2/2023).

Taufiq melanjutkan, kondisi tersebut disebabkan benturan keras seperti kecelakaan motor berkecepatan tinggi dan berakibat pada trauma mendalam di otak.

Korban pun sejak Rabu (22/2/2023) malam telah dipindah ke Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

Lantas, apa itu diffuse axonal injury yang menimpa David, korban penganiayaan Mario Dandy Satrio (20)?

Mengenal diffuse axonal injury

Spesialis Bedah Saraf dari Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang, Jawa Tengah, Christian Beta Kurniawan menjelaskan, diffuse axonal injury adalah cedera mikroskopis pada sel saraf otak.

Terutama, lanjut Christian, pada salah satu bagian yang disebut akson. Kondisi ini terjadi secara diffuse atau menyeluruh pada sebagian besar jaringan otak.

"Terjadi karena ada trauma atau cedera kepala," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/2/2023).