Find Us On Social Media :

Pertimbangan Keamanan dan Keselamatan, Richard Eliezer Dikembalikan ke Rutan Bareskrim Polri dari Lapas Salemba

By Menda Clara Florencia, Selasa, 28 Februari 2023 | 07:13 WIB

Richard Eliezer di Lapas Salemba, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2023).

Laporan Wartawan Grid.ID, Menda Clara Florencia

Grid.ID - Bharada Richard Eliezer sempat menjalankan serangkaian proses administrasi setibanya di Lembaga Pemasyarakatan Salemba.

Dia menjalankan registrasi, pendataan, hingga pemeriksaan kesehatan di sana.

“Saat di Lapas Salemba langsung dilaksanakan rangkaian kegiatan, pertama registrasi, pendataan."

"Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan asesmen oleh PK Balai Pemasyarakatan Jakarta Timur Utara,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti di Lapas Salemba, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2023).

Setelah memulai koordinasi untuk penempatan Richard Eliezer, pertimbangan keamanan dan keselamatan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) kembali merekomendasikan Eliezer kembali ke Rutan Bareskrim Polri.

“Berdasarkan koordinasi, kerjasama dan rekomendasi LPSK, dengan pertimbangan keamanan, dan keselamatan, Bharada E selanjutnya per hari ini berubah dari tahanan menjadi narapidana,” lanjut Rika.

“Berdasarkan rekomendasi LPSK dengan pertimbangan keamanan, Richard Eliezer selanjutnya menjalankan pidana di rutan Bareskrim dengam pertimbangan keamanan,” kata Rika lagi.

Meski dikembalikan ke Bareskrim Polri, status Richard Eliezer tetap menjadi warga binaan Lapas Salemba.

“Statusnya yang bersangkutan adalah warga binaan lapas II A Salemba, ditempatkan, dititipkan di Rutan Bareskrim tentunya dengan pendampingan LPSK,” sambungnya.

Baca Juga: Bandingkan dengan Vonis Richard Eliezer, Kuasa Hukum Hendra Kurniawan Kecewa Hukuman Kliennya Lebih Berat