Find Us On Social Media :

KPK Gali Sumber Harta Rafael Alun, Bisa 4 Kali Lebih Besar dari Dirjen Pajak, Ternyata Punya Saham di 6 Perusahaan

By Mia Della Vita,Grid., Rabu, 1 Maret 2023 | 18:17 WIB

Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) mengatakan, mantan pejabat Ditjek Pajak Rafael Alun Trisambodo memiliki saham di enam perusahaan.

Grid.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan, mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo memiliki saham di enam perusahaan. Namun enam saham tersebut tidak dirinci dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara (LHKPN), hanya dimasukkan ke subkategori surat berharga.

Menurut data LHKPN milik Rafael, harta surat berharganya senilai Rp1.556.707.379.

"Disebutkan di LHKPN terakhirnya. Tapi akses publik hanya sampai total surat berharga saja."

"Detailnya ya itu tadi, saham di enam perusahaan," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, dalam keterangannya, Rabu (1/3/2023).

Hanya saja, Pahala tidak membeberkan lebih jauh di perusahaan mana saja Rafael menanam saham.

Diketahui, pada hari ini, Rafael tengah menjalani pemeriksaan terkait jumlah hartanya yang mencapai Rp56 miliar.

Gaya hidup mewah para pejabat dan keluarga di lingkungan Kemenkeu menjadi sorotan setelah terungkapnya kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora yang merupakan anak dari pengurus Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor Jonathan Latumahina.

Pelaku bernama Mario Dandy Satriyo yang merupakan anak dari pejabat eselon III yang menduduki posisi Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo.

Atas kasus penganiayaan ini, Rafael sudah dicopot dari jabatannya tersebut. Rafael pun telah mengajukan pengunduran diri sebagai ASN Kemenkeu.

Selain itu, harta kekayaan Rafael menjadi sorotan publik. Berdasarkan data LHKPN, Rafael memiliki harta kekayaan senilai total Rp56.104.350.289.

Baca Juga: LHKPN Rafael Alun Sudah Dicurigai Sejak 2012, Kenapa Baru Sekarang Dikorek KPK? ICW Beri Komentar Menohok

Jumlah ini empat kali lipat dari harta kekayaan bos Rafael atau Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo yang hanya sebesar Rp14 miliar.