Find Us On Social Media :

Kelola Sampah Organik, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun dan Eco Enzym

By Grid., Kamis, 9 Maret 2023 | 14:27 WIB

Grid.ID - Pertambahan penduduk dan meningkatnya pola konsumsi masyarakat menjadi salah satu faktor pendorong laju produksi sampah terus meningkat.

Akibatnya, lingkungan tercemar yang lantas berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat.

Sampah non-organik sudah banyak didaur ulang dalam rangka penyelamatan lingkungan selain juga masih memiliki nilai ekonomi.

Namun, sampah organik masih menjadi persoalan karena tidak lagi punya nilai ekonomi dan pembusukannya dapat menjadi sumber gas metan yang berbahaya bagi makhluk hidup.

Menyikapi hal tersebut, Kompas Gramedia melalui Kampung Kreasi membuat pelatihan Pembuatan Sabun dari Hasil Kebun dan Pembuatan Eco Enzym di Rumah Kreasi (6/3/2023).

"Kali ini pelatihannya cukup berbeda, membuat sabun dari hasil kebun dan membuat eco enzym.

Produk yang dihasilkan dalam pelatihan kali ini mengacu pada konsep zero waste, dari limbah organik yang tadinya terbuang bisa digunakan menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan," ucap Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto.

Pelatihan ini ditujukan untuk masyarakat binaan Kompas Gramedia yang terbagi dalam 3 RW, yaitu RW 02 Gelora, RW 06 Grogol Utara, dan RW 14 Grogol Utara.

Adanya pelatihan tersebut sangat diapresiasi oleh masyarakat.

“Kita mengucapkan terima kasih banyak, alhamdulillah kita dapat ilmu baru dalam mengelola sampah-sampah organik untuk bisa digunakan dan bermanfaat, apalagi untuk teknik membuat sabun itu sangat berguna bagi kita.”

“Untuk membuat eco enzym sebenarnya kita sudah mengaplikasikannya, tapi kami menyadari bahwa teknik yang diberikan mungkin jauh lebih bagus dari apa yang sebelumnya sudah kita praktikkan dalam membuat eco enzym,” ucap Ketua RT 10/RW 06 Grogol Utara Enik.

Baca Juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Dana untuk Operasi Katarak Gratis di Mojokerto dan Pembangunan Jamban di Surakarta serta Magelang