Find Us On Social Media :

57 UMKM Terbaik Kota Solo Penuhi Festival Kuliner Adeging Pura Mangkunegaran, Berapa Biaya Masuknya?

By Citra Widani, Sabtu, 11 Maret 2023 | 15:40 WIB

Sebanyak 56 tenan UMKM terbaik Kota Solo hadir meramaikan Festiva Kuliner Adeging Pura Mangkunegaran ke-266 yang diselenggarakan selama 2 hari yakni pada 11-12 Maret 2023.

Laporan Wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Rangkaian acara hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266 telah resmi dibuka hari ini Sabtu (11/3/2023). 

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X membuka rangkaian hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266 dengan memukul gong sebanyak 3 kali. 

Sebagaimana diketahui bahwa dalam merayakan hari jadi Pura Mangkunegaran yang ke-266 ini pihak keraton menggelar festival budaya dan olahraga.

Festival musik, kuliner, hingga lomba lari 'Mangkunegaran Run in Solo' akan meramaikan gelaran HUT Pura Mangkunegaran.

Acara adeging Pura Mangkunegaran ini dikemas untuk menjaga relevansi serta kedekatan budaya dengan masyarakat.

Salah satu hal yang dilakukan agar kebudayaan tetap dirasakan oleh masyarakat adalah dengan menggelar acara-acara yang memperkenalkan kebudayaan jawa dalam hal ini Surakarta.

Expo makanan hingga konser musik yang akan disajikan pada 12 Maret nanti diharapkan dapat menjadi momen yang selain untuk menghibur, juga untuk pembelajaran.

"Laras hati Mangkunegaran merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC untuk menjaga kebudayaan," tutur Sri Paduka Mangkoenagoro X. 

"Acara ini bukan milik Pura Mangkunegaran namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya," sambung Sri Paduka.

Untuk diketahui bahwa puncak acara Adeging Pura Mangkunegaran akan diselenggarakan pada Minggu (12/3/2023).

Acara akan diramaikan oleh deretan artis ibu kota seperti Vina Panduwinata, RAN, Diskoria, Marion Jola,Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS), pelantun keroncong Endah Laras, serta penampilan spesial Tribute to Didi Kempot.