Find Us On Social Media :

Meriahnya Festival Sanggul Nusantara 2023, Menampilkan Aneka Sanggul Tradisional Demi Kelestarian Budaya Bangsa

By Grid., Senin, 13 Maret 2023 | 15:40 WIB

Festival Sanggul Nusantara 2023

Grid.ID - Pada Sabtu, 11 Maret 2023 di Cakrawala III Sarinah Thamrin Jakarta terlihat keceriaan beberapa remaja putri dan ibu-ibu mengenakan berbagai pakaian adat nusantara dan dilengkapi dengan sanggul tradisional.

Mereka hadir di acara Festival Sanggul Nusantara 2023 yang diinisiasi oleh Perkumpulan Pencinta Sanggul Nusantara.

Pencinta Sanggul Nusantara adalah perkumpulan berbadan hukum yang memiliki komitmen ingin melestarikan sanggul nusantara.

Saat ini keanggotaan tersebar di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Flores.

Acara Festival Sanggul Nusantara 2023 mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, diisi dengan peluncuran buku Pencinta Sanggul Nusantara Inspirasi Sanggul Riau Daratan, Betawi, Solo, Yogyakarta, Bali dan Flores, pemberian penghargaan Anugrah Pencinta Sanggul Nusantara 2023 bagi insan pelestari sanggul, tutorial sanggul tradsional, pentas seni dan juga pameran UMKM.

Buku yang baru diluncurkan menampilkan wajah-wajah remaja putri yang dilibatkan untuk semakin mengenal sanggul nusantara.

Anugrah Pencinta Sanggul Nusantara merupakan suatu apresiasi yang diberikan oleh Pencinta Sanggul Nusantara bagi insan yang dalam karyanya telah mempopulerkan dan melesarikan sanggul tradisional.

Salah satu penerima Anugrah Pencinta Sanggul Nusantara 2023 Dr. Dra. AA Ayu Ketut Agung, MM seorang pakar tata rias dan sanggul tradisional Bali sekaligus pemilik LKP Agung Denpasar Bali hadir dan memberikan tutorial sanggul Pusung Tagel dan Sanggul Tengkuluk Lelunakan.

Hadirin dibuat kagum dan terkesima dengan kecepatan dan ketrampilan ibu Agung dalam memberikan tutorial sanggul.

Salah satu penampil pentas seni, Lidyani perwakilan Pencinta Sanggul Nusantara Cabang Yogyakarta menyatakan kegembiraan dan antusias mengikuti acara, dan datang secara khusus dari Yogyakarta dengan beberapa anggota menyiapkan Tari Gambyong Pareanom.

Festival Sanggul Nusantara 2023 dibuka oleh Putri Kuswisnuwardhani anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Baca Juga: Potret Nikita Willy Tampak Anggun Kenakan Kebaya dan Sanggul Jawa di Acara Tedak Siten Baby Issa