Find Us On Social Media :

Edukasi Shanna Shannon soal Menstruasi Pertama di Indonesia Timur Dalam Film Pendek Ana & The Red Wings

By Dianita Anggraeni, Selasa, 14 Maret 2023 | 11:57 WIB

Shanna Shannon.

Grid.ID - UNICEF Indonesia berupaya untuk membantu anak-anak perempuan Indonesia mematahkan stigma seputar pengalaman menstruasi dan mewujudkan kesadaran publik terhadap pentingnya akses kesehatan serta kebersihan menstruasi di Indonesia Timur.

Menurut data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, 52 persen sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak.

Untuk itu, UNICEF Indonesia dibantu oleh Softex meluncurkan karya film pendek Ana & The Red Wings.

Baca Juga: Innalillahi, Cinta Kuya Alami Kecelakaan Mobil, Uya Kuya dan Astrid Langsung Terbang ke Amerika!

Shanna Shannon atau akrab disapa Shannon, penyanyi muda sekaligus Founder of Yayasan Shanna Shannon Indonesia Banget, turut hadir dan membagikan pengalaman pribadinya pada konferensi pers dan pembukaan pameran karya tersebut.

“Aku khawatir melihat riset UNICEF yang mengatakan bahwa 1 dari 7 remaja putri di Indonesia tidak masuk sekolah pada saat menstruasi karena kurangnya edukasi dan fasilitas kebersihan. Data tersebut membuat aku tergerak untuk memberikan edukasi kepada remaja putri di beberapa sekolah di Indonesia bagian timur,” tutur Shannon.

“Aku kagum dengan program yang dilakukan Softex dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan menstruasi di tengah masyarakat, baik melalui program CSR-nya bersama UNICEF maupun film pendek dan pameran karya ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Orang Lain Nggak Akan Bisa Kepo Lagi, Begini Cara Mudah Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Film ini terinspirasi dari pengalaman menstruasi pertama para remaja putri di Indonesia Timur dengan segala keterbatasan yang ada.

Film pendek Ana & The Red Wings merupakan aspirasi bagi para remaja putri Indonesia untuk menerima momen menstruasi pertama dengan lebih siap dan percaya diri.

Simbolisasi Red Wings yang ditekankan Softex pada film ini, melambangkan suatu tanda pendewasaan.

Tidak hanya peluncuran film, kampanye sosial ini turut menghadirkan pameran karya Ana & The Red Wings di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat yang dihadirkan mulai dari tanggal 10 hingga 12 Maret 2023.